Waspadai Gejala Diabetes Tipe-1 Pada Anak
By: Date: 27 Juli 2023 Categories: kesehatan

Diabetes Melitus adalah salah satu masalah kesehatan yang banyak mengancam masyarakat dan berpotensi mengakibatkan kematian apabila tidak mendapatkan penanganan sedini mungkin.

Penyakit diabetes juga tidak terkhusus untuk salah satu kelompok usia, sehingga memahami cara pencegahan dan gejala yang muncul merupakan hal yang penting untuk dilakukan.

Diabetes Melitus tipe 1 juga dapat kita temukan pada kelompok usia anak-anak, sehingga para orang tua dapat menerapkan sikap waspada dengan mencegah dan mengetahui beberapa gejala yang muncul pada anak.

Diabetes tipe 1 adalah kondisi dimana tubuh benar-benar berhenti untuk memproduksi insulin karena adanya kerusakan pada sel pankreas yang memproduksi insulin oleh sistem kekebalan tubuh.

Gejala Diabetes Melitus Tipe-1 pada Anak

Berikut ini adalah beberapa gejala diabetes melitus tipe 1 pada anak yang biasa muncul dan dapat diamati oleh para orang tua, diantaranya:

1. Penurunan prestasi di sekolah dan mudah marah

2. Mengompol

3. Mudah merasa haus dan sering merasa lapar

4. Terjadi penurunan berat makan

5. Mengalami gatal pada kemaluan

6. Infeksi kulit yang berulang

Gejala diabetes tipe 1 pada anak yang telah disebutkan diatas, merupakan tanda bahwa anak mungkin saja mengalami diabetes tipe-1, sehingga diharapkan para orangtua bisa segera membawa sang anak ke fasilitas kesehatan terdekat untuk bisa mendapatkan penanganan sedini mungkin dari petugas kesehatan.

Mari ajak anak untuk rutin menerapkan perilaku hidup sehat dengan menjaga pola makan, memenuhi kebutuhan tidurnya dan mengajak mereka untuk melakukan aktivitas fisik atau olahraga ringan.

https://portkesmas.com/2023/07/27/waspadai-gejala-diabetes-tipe-1-pada-anak/