WHO Kembali Ingatkan, Cacar Monyet Bisa Menyerang Siapa Saja, Tidak Hanya Kaum Gay – Gridhealth
By: Date: 1 Agustus 2022 Categories: berita kesehatan,Health,Health Info,kesehatan
Cacar monyet dapat menyerang siapa saja, bukan hanya kaum gay, tetap waspada.

Cacar monyet dapat menyerang siapa saja, bukan hanya kaum gay, tetap waspada.

GridHEALTH.id – Ramai pemberitaan mengenai penyebaran kasus cacar monyet, WHO kembali ingatkan cacar monyet dapat menyerang siapa saja.

Setelah muncul dalam beberapa kasus, cacar monyet menyebar diantara kaum gay, tidak menjadikan penyakit ini aman diantara kaum heteroseksual.

WHO menyebut dalam pemberitaannya yang terbaru bahwa cacar monyet bisa menyerang siapa saja, terutama yang memiliki riwayat kontak erat dengan penderita, jadi bukan berarti hanya pria yang berhubungan seksual dengan pria saja yang memiliki risiko terkena cacar monyet.

Oleh karena itu, kembali diingatkan kepada seluruh masyarakat untuk tetap waspada dengan memperhatikan pola hidup bersih.

Dalam rilis persnya, selain WHO, UNAIDS yang merupakan organisasi PBB dalam bidang HIV/AIDS juga mengharapkan adanya bantuan dari pemerintah, media, dan masyarakat untuk tidak menimbulkan stigma terhadap kaum atau golongan tertentu.

Hal ini perlu dilakukan untuk mencegah timbulnya perasaan malu, merasa dihakimi, dan tersingkirkan dari penderita yang enggan melaporkan dirinya terjangkit cacar monyet.

Wakil Direktur Eksekutif UNAIDS, Matthew Kavanagh dalam pernyataannya menyebut dengan adanya stigmasi hanya akan merusak kepercayaan dan kapasitas untuk merespons secara efektif selama terjadinya wabah.

Akan muncul kecenderungan membuat penderita menjadi ketakutan dan akan menjauhkan diri dari layanan kesehatan, yang akan berdampak pada upaya mengidentifikasi kasus dan mendorong tindakan hukuman yang tidak efektif.

UNAIDS berharap menanggapi terjadinya wabah, seperti yang sudah ditetapkan WHO dalam kasus cacar monyet, diperlukan adanya upaya pencegahan yang lebih kuat bukan menanggapinya dengan stigmatisasi.

Baca Juga: WHO: Eropa Diprediksi Ada Lebih Banyak Kematian Akibat Cacar Monyet

PROMOTED CONTENT

Video Pilihan