WHO Tetapkan Vaksinasi Covid-19 Akan Jadi Imunisasi Rutin, Siapa Saja yang Wajib Disuntik?
By: Date: 20 Desember 2023 Categories: Imunisasi

Suara.com – Vaksinasi Covid-19 akan dialihkan menjadi imunisasi rutin seiring dengan berakhirnya program pemberian vaksin gratis COVAX. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memyatakan bahwa program COVAX akan berakhir pada 31 Desember 2023.

Melalui situs resminya, WHO menyatakan kalau pemberian vaksin Covid-19 diubah menjadi imunisasi rutin. Namun belum ada penjelasan lebih lanjut terkait mekanisme pemberian imunisasi tersebut.

COVAX merupakan mekanisme multilateral demi mewujudkan akses global yang adil terhadap vaksin Covid-19. Selama diluncurkan sejak tahun 2020, COVAX sejauh ini telah memasok hampir 2 miliar dosis vaksin Covid-19 ke seluruh dunia. Program tersebut diklaim telah mencegah kematian setidaknya 2,7 juta orang di dunia.

Ilustrasi Vaksin Covid-19.(Unsplash/towfiquy barbiquy)
Ilustrasi Vaksin Covid-19.(Unsplash/towfiquy barbiquy)

Terdapat 92 negara berpendapatan rendah akan terus menerima dosis vaksin Covid-19 dan dukungan pengiriman melalui Gavi’s program reguler. Sejauh ini, 58 negara berpendapatan rendah telah meminta total 83 juta dosis untuk tahun 2024, dengan rencana untuk fokus pada perlindungan berkelanjutan terhadap kelompok prioritas, termasuk petugas kesehatan, pekerja komunitas, dan lansia.

Belajar Dari Pandemi H1N1

WHO coba mengambil pembelajaran dari pandemi H1N1, ketika sebagian besar negara kekurangan vaksin, para mitra COVAX menegaskan bahwa dunia masih tidak aman sampai semua orang aman atau belum divaksinasi.

Itu sebabnya mereka mendesak dunia untuk menyediakan vaksin secara merata dan menyerukan agar setiap negara memiliki setidaknya dosis yang cukup untuk melindungi kelompok yang paling berisiko. Pada akhir tahun 2020, 190 negara dari semua tingkat pendapatan telah menandatangani perjanjian untuk berpartisipasi dalam COVAX, termasuk Indonesia.

Warga mendapatkan vaksinasi booster Covid-19 kedua di Kantor Wali Kota Jakarta Timur, Selasa (24/1/2023). [Suara.com/Alfian Winanto]
Warga mendapatkan vaksinasi booster Covid-19 kedua di Kantor Wali Kota Jakarta Timur, Selasa (24/1/2023). [Suara.com/Alfian Winanto]

COVAX dirancang sebagai mekanisme koordinasi menyeluruh yang mencakup penelitian dan pengembangan dan manufaktur, panduan kebijakan, pengembangan portofolio vaksin, sistem peraturan, alokasi pasokan dan penilaian kesiapan negara, logistik transportasi, penyimpanan dan administrasi vaksin, serta pemantauan cakupan negara dan tingkat penyerapan.

Tetapi COVAX juga menghadapi banyak tantangan. Tanpa memiliki cadangan uang tunai, kemampuan negara untuk menandatangani kontrak awal dengan produsen terbatas, dan meskipun negara tersebut mampu mengirimkan dosis ke 100 negara dalam enam minggu pertama peluncuran global, larangan ekspor dan faktor-faktor lain juga jadi penghambat. Alhasil, pengiriman vaksin dalam jumlah besar baru diterima pada kuartal ketiga tahun 2021.

https://www.suara.com/health/2023/12/20/094210/who-tetapkan-vaksinasi-covid-19-akan-jadi-imunisasi-rutin-siapa-saja-yang-wajib-disuntik