Yayu Unru Pasang Ring Jantung sebelum Wafat, Ketahui Kondisi yang Direkomendasikan untuk Operasi Ini
By: Date: 8 Desember 2023 Categories: Serangan Jantung

Suara.com – Kabar duka tengah menyelimuti dunia perfilman Indonesia. Aktor senior Yayu Unru meninggal dunia pada Jumat (8/12/2023) pagi setelah dua kali mengalami serangan jantung.

Diberitakan sebelumnya, Yayu Unru menghembuskan napas terakhir setelah menjalani operasi pemasangan ring jantung.

Operasi itu dilakukan setelah serangan jantung kedua terjadi. Serangan jantung kedua itu cukup parah hingga membuat sang aktor tak sadarkan diri.

Karena kondisi tak kunjung membaik, pria berusia 61 tahun ini lantas mendapat tindakan pemasangan ring.

Kendati operasi pemasangan ring berjalan lancar, sayangnya takdir berkata lain. Tak lama setelah operasi tersebut Yayu Unru menghembuskan napas terakhirnya.

Ring jantung atau stent terbuat dari baja tahan karat atau campuran platinum kromium kobalt. Wujudnya mernyerupai tabung kecil seperti jaring kawat atau jala.

Ilustrasi pria dengan sakit jantung (Freepik/tonefotografia)
Ilustrasi pria dengan sakit jantung (Freepik/tonefotografia)

Tabung itu akan dilapisi obat untuk mencegah terbentuknya jaringan parut pada pembuluh darah. Fungsi utama dari pemasangan ring jantung ini adalah untuk memperlebar saluran pembuluh darah agar tidak mengalami penyempitan kembali.

Sebelum pemasangan ring jantung dilakukan, tentunya dokter akan melakukan pemeriksaan secara menyeluruh untuk menentukan apakah kondisi pasien membutuhkan pemasangan ring jantung atau tidak.

Dikutip dari situs Hello Sehat, pemasangan ring jantung dapat menjadi pilihan pengobatan pada beberapa kondisi di bawah:

  • Pasien dengan gejala penyakit jantung, seperti nyeri dada dan sesak napas yang semakin parah
  • Pasien yang mengalami serangan jantung parah sampai mengakibatkan kerusakan fungsi jantung
  • Pasien yang tak kunjung membaik hanya dengan obat dan mengubah gaya hidup jadi lebih sehat

https://www.suara.com/health/2023/12/08/150043/yayu-unru-pasang-ring-jantung-sebelum-wafat-ketahui-kondisi-yang-direkomendasikan-untuk-operasi-ini