10 Makanan Sehat yang Mendukung Perkembangan Otak Janin
By: Date: 11 Desember 2023 Categories: ibu dan anak,Kehamilan dan Janin,makanan

Pembentukan otak janin di dalam kandungan bisa dipengaruhi oleh makanan yang dikonsumsi ibu. Lantas, makanan apa yang dapat mendukung tumbung kembang otak janin? Simak daftar lengkapnya di bawah ini.

10 Makanan Sehat yang Mendukung Perkembangan Otak Janin

Daftar Makanan untuk Mendukung Perkembangan Otak Janin

Setiap ibu hamil tentu mengharapkan janin yang sedang dikandungnya mengalami pertumbuhan yang optimal. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah mengonsumsi makanan yang bergizi. Berikut berbagai makanan sehat untuk mendukung perkembangan otak janin, di antaranya:

1. Ikan Tinggi Lemak Sehat

Pertumbuhan otak janin membutuhkan asam lemak omega-3. Kandungan nutrisi ini ditemukan dalam ikan berlemak seperti salmon. Ikan ini disarankan dikonsumsi oleh ibu hamil agar bisa melahirkan bayi yang cerdas.

Setidaknya ibu hamil mengonsumsi dua atau lebih porsi ikan per minggu. Selain salmon, tiram yang tinggi yodium bisa menjadi alternatif makanan laut lainnya. Perlu diketahui, Bumil dengan kadar yodium yang rendah kemungkinan akan memengaruhi intelligence quotient (IQ) anak.

2. Telur

Komponen utama dari massa sel dan membran sel adalah kolin, nutrisi mikro banyak ditemukan pada kuning telur.

Kandungan asetilkolin yang terdapat di dalam telur menjadi neurotransmitter (zat kimia penghantar rangsangan saraf) yang dapat membantu pertumbuhan otak dan daya ingat.

Meski telur menyimpan banyak manfaat, ibu hamil dianjurkan konsumsi telur yang matang untuk menghindari keracunan makanan.

3. Sayuran Berdaun Hijau

Mengonsumsi sayuran berdaun hijau seperti bayam dan sayuran hijau lainnya yang kaya asam folat adalah sesuatu yang penting untuk melindungi otak janin dari kerusakan jaringan.

Asam folat dalam sayuran juga dianggap dapat menurunkan risiko kelainan tabung saraf, mencegah bibir sumbing, dan gangguan jantung lainnya.

Ibu hamil juga bisa menurunkan risiko preeklampsia selama kehamilan dengan mengonsumsi makanan tinggi asam folat atau suplemen asam folat.

Baca Juga: 9 Kebiasaan Baik Ibu Hamil untuk Perkembangan Otak Janin

4. Pisang

Buah pisang sejak dulu dianggap sebagai makanan super untuk ibu hamil karena kaya akan nutrisi. Salah satunya asam folat yang bagus untuk perkembangan saraf dan otak janin.

Kandungan gizi lainnya yang bagus bagi kehamilan seperti potasium, lipid, zat besi, kalsium, dan fosfor; semuanya dapat membantu mengatasi kelelahan akibat kehamilan.

Semua nutrisi ini juga dikenal untuk mencegah persalinan prematur, tekanan darah tinggi, dispepsia, dan meningkatkan kekebalan tubuh.

5. Ubi Jalar

Ubi jalar mengandung beta-karoten, antioksidan yang dapat diubah tubuh menjadi vitamin A. Vitamin ini sangat penting untuk perkembangan mata, tulang, kulit, dan otak bayi.

Ubi jalar oranye merupakan makanan yang sangat baik untuk memenuhi kebutuhan zat besi karena mengandung tembaga yang membantu penyerapan zat besi dalam tubuh. Bunda bisa mengonsumsi ubi jalar yang sudah direbus, dipanggang, atau digoreng.

6. Susu

Kekurangan kadar zat besi pada ibu hamil dapat menyebabkan keterlambatan perkembangan mental anak, di mana hal ini berdampak signifikan pada perkembangan kognitif anak secara keseluruhan. Salah satu asupan yang dapat membantu memenuhi kebutuhan zat besi tubuh adalah susu.

Baca Juga: 15 Tips agar Anak Cerdas Sejak dalam Kandungan

7. Keju

Keju adalah produk olahan susu yang bagus Anda masukkan ke dalam pola makan selama kehamilan. Keju olahan biasa, keju cheddar, keju parmesan, dan bahkan paneer merupakan jenis keju yang dapat dikonsumsi ibu hamil untuk membantu janin mengembangkan kemampuan intelektualnya.

8. Alpukat

Buah alpukat mengandung tinggi lemak baik, antioksidan, zat besi, vitamin C, dan B6. Semua kandungan ini membantu penyerapan nutrisi dari buah dan sayuran lain, serta membantu mengatasi mual di pagi hari, kondisi yang dapat menyebabkan Bumil merasa lesu seharian.

Mengonsumsi setengah cangkir alpukat atau setara dengan 22 miligram kolin, dibutuhkan untuk pembentukan sel darah merah, otak bayi baru lahir, dan pencegahan anemia.

Baca Juga: Kenali 12 Kebiasaan Ibu Hamil yang Membuat Bayi Cerdas

9. Oatmeal

Sarapan sepiring oatmeal adalah cara yang bagus untuk memulai hari Anda selama kehamilan. Biji-bijian utuh sangat bagus untuk menjaga tingkat energi, terutama jika ibu hamil merasa lelah karena mual di pagi hari (morning sickness).

Oatmeal juga kaya akan serat yang dapat membantu gangguan kehamilan lainnya, sembelit salah satunya. Akan tetapi manfaatnya tidak terbatas pada ibu saja, karena kandungan protein dan vitamin B6 dalam oatmeal sangat penting untuk perkembangan otak bayi.

10. Daging

Ibu hamil mengonsumsi daging merah maupun daging ayam akan mendapatkan vitamin B kompleks. Vitamin ini berperan penting selama kehamilan untuk perkembangan otak bayi.

Vitamin B kompleks membantu produksi berbagai aspek fungsi otak, dan juga dapat dianggap sebagai antioksidan kuat yang mampu melindungi membran sel otak.

Nah, itulah berbagai rekomendasi makanan sehat untuk pertumbuhan otak janin. Jika Anda ragu untuk mengonsumsi beberapa makanan seperti di atas, konsultasikan ke dokter kandungan terlebih dahulu. Semoga ulasan ini bermanfaat ya, Bunda.

  1. Anonim. 2021. List Of 20 Types Of Foods That Will Help To Develop Baby’s Brain In The Womb. happypreggie.com/blogs/list-of-20-types-of-foods-that-will-help-to-develop-babys-brain-in-the-womb (Diakses pada 11 Juli 2023)
  2. Capriglione, Amanda. 2021. Nine Foods To Boost Your Baby’s Brain Development While Pregnant. https://feedmomandme.com/blogs/mama-blog/nine-foods-to-boost-your-babys-brain-development-while-pregnant (Diakses pada 11 Juli 2023)
  3. Kuzemchak, Sally. 2022. The Best Foods for Baby Brain Development. https://www.parents.com/pregnancy/my-body/nutrition/feed-your-babys-brain-during-pregnancy/ (Diakses pada 11 Juli 2023)

DokterSehat | © 2023 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi

https://doktersehat.com/ibu-dan-anak/kehamilan/ibu-hamil-konsumsi-makanan-ini-agar-otak-janin-berkembang-dengan-baik/