[SALAH] Video Megawati sebut Jokowi PKI
By: Date: 11 Desember 2023 Categories: Cek.Fakta,fakta,Hoax

Hasil Periksa Fakta Luthfiyah OJ (UIN Raden Mas Said Surakarta).

Video yang Megawati menyebut Jokowi PKI merupakan hasil potongan video yang tidak lengkap. Faktanya, video lengkap adalah Megawati yang sedang menjelaskan bahwa PDIP, Sukarno serta Jokowi tidak ada kaitannya dengan PKI.

Selengkapnya pada bagian penjelasan.

= = = = =

KATEGORI: Konten yang Dimanipulasi

= = = = =

SUMBER: Tiktok
https://archive.cob.web.id/archive/1702097937.117268/index.htmlb

= = = = =

NARASI:
“Jokowi itu PKI orangtuanya cino sampek pak Jokowipun kasian loh, kamu itu jadi karena gara-gara pdi perjuangan juga dibilang Jokowi itu PKI, anak ee apa orang tuanya cino”

= = = = =

PENJELASAN:
Akun Tiktok orangejuice7008 memposting sebuah video Megawati yang mengatakan “Jokowi itu PKI orangtuanya cino sampek pak Jokowipun kasian loh, kamu itu jadi karena gara-gara pdi perjuangan juga dibilang Jokowi itu PKI, anak ee apa orang tuanya cino”. Video tersebut berdurasi 24 detik.

Setelah ditelusuri di Youtube menggunakan kata kunci “Megawati sebut Jokowi PKI” muncul video yang identik pada kanal Youtube detikcom berjudul “Klarifikasi Panjang Lebar Megawati Soal PKI”. Jika diperhatikan dari beberapa hal seperti kabel mic berwarna merah baju yang digunakan Megawati sama seperti video di Tiktok. Namun video di Tiktok merupakan potongan-potongan yang disatukan, video yang asli adalah Megawati menjelaskan bahwa PDIP serta Sukarno tidak ada kaitannya dengan PKI sama sekali begitu pula dengan Jokowi. Video yang dipakai Tiktok berasal dari menit 2 detik 47.

Dengan demikian video yang Megawati menyebut Jokowi PKI merupakan hasil potongan video yang tidak lengkap. Video lengkap adalah Megawati yang sedang menjelaskan bahwa PDIP, Sukarno serta Jokowi tidak ada kaitannya dengan PKI, sehingga masuk dalam kategori konten yang dimanipulasi.

REFERENSI:
https://www.youtube.com/watch?v=-B_06FZXr0I