10 Sikat Gigi Behel Terbaik untuk Bersihkan Gigi Tanpa Nyeri
By: Date: 30 April 2023 Categories: kawat gigi,perawatan gigi,perawatan oral,sikat gigi

Berbeda dengan kondisi gigi normal, pengguna behel gigi membutuhkan sikat gigi khusus yang bisa menjangkau sela-sela bracket dan kawat gigi. Pasalnya, bagian ini cukup sulit dijangkau sehingga kebersihannya kadang kurang terjaga.

Cara kami memilih sikat gigi behel terbaik

sikat gigi interdental untuk behel

Memilih sikat gigi untuk pengguna behel tidak boleh sembarangan. Kami menganjurkan Anda untuk menggunakan sikat gigi ortho yang didesain khusus.

Jenis sikat gigi ortho untuk merawat kawat gigi punya bulu sikat yang lebih halus, pendek, dan cekung pada bagian tengahnya untuk menjangkau gigi yang terhalang bracket.

Kami juga merekomendasikan sikat gigi interdental untuk membantu membersihkan sela-sela kawat gigi dan bracket yang tidak terjangkau dengan teknik menyikat gigi pada umumnya.

Pastikan juga Anda memakai pasta gigi yang mengandung fluoride. Kandungan pasta gigi ini membantu membunuh bakteri dan mencegah gigi berlubang.

Selama pemakaian behel, Anda disarankan untuk menyikat gigi setiap selesai makan. Hal ini karena kawat gigi rentan menjadi tempat menumpuknya sisa makanan dan plak.

Oleh sebab itu, ada baiknya Anda menyikat gigi setidaknya satu jam setelah selesai makan untuk memastikan gigi dan behel terbebas dari sisa-sisa makanan.

10 rekomendasi merk sikat gigi behel yang bagus

Perawatan gigi bagi Anda yang memasang behel memang lebih kompleks dari perawatan pada umumnya.

Berikut ini beberapa rekomendasi merk sikat gigi untuk behel yang bisa dipertimbangkan.

1. Pepsodent Double Care Clean

Pepsodent dikenal masyarakat Indonesia dengan berbagai lini produk perawatan gigi terbaik.

Salah satunya Pepsodent Double Care Clean yang dirancang untuk membersihkan gigi secara optimal. Sikat gigi ini dilengkapi dengan kombinasi bulu sikat medium dan ultra-lembut.

Kombinasi bulu pada sikat gigi Pepsodent untuk pengguna behel ini mampu mengangkat plak dan sisa-sisa makanan pada permukaan serta sela-sela gigi.

Pepsodent Double Care Clean juga dilengkapi dengan alat pembersih lidah yang membantu melindungi mulut Anda dari bakteri penyebab bau tidak sedap.

Nomor izin edar: AKL 10605705010

2. Pierrot Clinic Orthodontic Toothbrush

Rekomendasi merk sikat gigi khusus behel lainnya ialah Pierrot Clinic Orthodontic Toothbrush.

Sesuai dengan namanya, produk yang dianjurkan oleh dokter ortodonti ini memiliki desain “V” cut yang dirancang untuk membersihkan semua jenis kawat gigi.

Pierrot Clinic Orthodontic Toothbrush memiliki bulu sikat yang lembut dan fleksibel, yang mampu menyesuaikan dengan bentuk gigi dan behel Anda.

Nomor izin edar: AKL 10605613788

3. Pierrot Interdental Fine Brush

Selain produk sikat gigi ortho, Pierrot juga memiliki produk sikat gigi interdental untuk membantu Anda membersihkan sela-sela kawat gigi yang sulit dijangkau sikat gigi konvensional.

Pierrot Interdental Fine Brush memiliki bulu sikat yang halus dan tipis. Sikat gigi dengan diameter 1,2 milimeter (mm) ini dapat masuk ke sela-sela kawat gigi dengan leluasa.

Dengan rutin menggunakan sikat gigi yang lembut untuk behel ini, Anda bisa mencegah karies (gigi berlubang), bau mulut, hingga penyakit gusi.

Nomor izin edar: AKL 10605715078

4. Formula Orthodontic

Formula Orthodontic memiliki desain bulu sikat gigi V-Cut yang khusus diciptakan untuk orang yang sedang memakai behel atau kawat gigi.

Desain sikat gigi V-Cut dan kombinasi teknik menyikat gigi dengan sudut 45 derajat bisa menjangkau bagian behel tempat menumpuknya sisa makanan dan plak gigi.

Sikat gigi Formula ini juga dibekali kepala kecil yang dapat menjangkau bagian belakang mulut.

Gagang sikat gigi yang elegan dan ergonomis sekaligus dapat memberikan kenyamanan serta kestabilan selama Anda menyikat gigi.

Nomor izin edar: AKD 10605410148

5. Sensodyne Multi Action Toothbrush

Sensodyne dikenal banyak kalangan dengan produk perawatan untuk gigi sensitif. Salah satu sikat gigi yang cocok untuk pengguna behel yakni Sensodyne Multi Action Toothbrush.

Produk sikat gigi khusus behel ini memiliki bulu sikat halus yang dapat membersihkan gigi dan gusi dengan lembut serta secara menyeluruh.

Kepala sikat berbentuk bulat sehingga dapat menyesuaikan dengan area gigi dan gusi, serta menjangkau area terjauh dalam rongga mulut Anda.

Untuk mendapatkan perlindungan optimal terhadap gigi sensitif, gunakan juga dengan pasta gigi khusus gigi sensitif dari Sensodyne.

Nomor izin edar: AKL 10605411813

6. GUM Ortho Toothbrush

GUM Ortho Toothbrush merupakan rangkaian produk ortodonti yang dirancang khusus untuk merawat kesehatan mulut pengguna behel atau kawat gigi.

Sikat gigi ini punya desain bulu sikat yang unik untuk menyesuaikan anatomi gigi Anda. Bulu sikat juga bisa membersihkan celah-celah yang sulit dijangkau antara gusi dan behel.

Gagang sikat gigi yang nyaman dipegang membantu memposisikan sikat gigi pada sudut 45 derajat. Hal ini berguna untuk pembersihan gigi yang lebih mudah dan optimal.

Nomor izin edar: AKL 10605814920

7. GUM Ortho Travel Toothbrush

Meski sedang bepergian ke luar kota, bukan berarti perawatan kawat gigi boleh Anda lupakan.

Apabila Anda menginginkan sikat gigi yang praktis serta ramah digunakan, GUM Ortho Travel Toothbrush menjadi salah satu produk yang bisa dipertimbangkan.

GUM Ortho Travel Toothbrush punya bulu sikat antibakteri untuk membersihkan sela-sela gigi dan pembersih lidah untuk menghilangkan bakteri penyebab bau mulut.

Merk sikat gigi ortho untuk behel ini juga memiliki gagang yang bisa dilipat. Anda bisa menyimpannya dalam wadah yang higienis dan mudah dibawa ke mana saja.

Nomor izin edar: AKL 10605814921

8. GUM Trav-ler Interdental Brush 1.1 mm

GUM Trav-ler Interdental Brush 1.1 mm merupakan merk sikat gigi interdental yang cukup sering direkomendasikan oleh dokter spesialis ortodonti.

Jenis sikat gigi ini memiliki bulu sikat yang halus dan fleksibel dengan diameter 1,1 mm yang mampu masuk ke dalam sela-sela antara kawat gigi.

Gagang sikat gigi ini bisa disesuaikan dengan sudut yang Anda inginkan. Fitur antiselip juga membantu memberikan pegangan yang kuat dan presisi saat menyikat gigi.

Nomor izin edar: AKL 10605814924

9. Dr. Smith Orthodontic Toothbrush

Dr. Smith Orthodontic Toothbrush memiliki bulu sikat V-Trim yang dapat menyesuaikan bentuk gigi dan kawat gigi yang Anda gunakan.

Sikat gigi ini juga punya gagang yang bisa dilipat dan disimpan dalam wadah khusus sehingga lebih higienis dan praktis.

Produk sikat gigi ortho ini merupakan pilihan yang tepat bagi Anda yang suka bepergian sebab mudah untuk dibawa tanpa menghabiskan banyak tempat.

Nomor izin edar: AKL 10605220245

10. Oral-B UltraThin Compact Soft

Jika Anda sedang mencari produk sikat gigi Oral-B untuk behel, Oral-B UltraThin Compact Soft mungkin bisa dipertimbangkan.

Sikat gigi khusus behel ini dilengkapi dengan bulu sikat yang tipis dan lembut. Bulu sikatnya mampu membersihkan sela-sela gigi dua kali lebih baik dibandingkan dengan bulu sikat gigi biasanya.

Oral-B UltraThin Compact Soft juga memiliki kepala sikat kecil berukuran 25 mm yang mampu membersihkan daerah geraham secara lebih efektif.

Nomor izin edar: AKL 10605915701

Demikian rekomendasi merk sikat gigi untuk behel yang bagus. Pilihlah sesuai dengan kebutuhan dan jangan ragu untuk berkonsultasi ke dokter gigi bila perlu.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

https://wp.hellosehat.com/gigi-mulut/perawatan-oral/rekomendasi-sikat-gigi-behel/?utm_source=rss&utm_medium=rss&utm_campaign=rss