11 Manfaat Mentimun untuk Kesehatan dan Kandungan Nutrisinya
By: Date: 27 Juli 2023 Categories: Gizi dan Nutrisi,Informasi Kesehatan,Manfaat,Sayuran

Mentimun, ketimun atau sering juga disebut timun adalah tanaman yang umumnya dijadikan lalapan atau acar. Meski dianggap sebagai pelengkap, buah yang memiliki nama latin Cucumis sativus ini menyimpan banyak manfaat untuk tubuh. Apa saja manfaat mentimun yang berguna bagi kesehatan?

11 Manfaat Mentimun untuk Kesehatan dan Kandungan Nutrisinya

Kandungan Gizi Timun

Dalam 100 gram ketimun terdapat berbagai nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh, antara lain:

  • Kalori: 8 
  • Karbohidrat: 1,4 gram
  • Serat: 0,3 gam
  • Fosfor: 95 gram
  • Kalsium: 2 mg
  • Kalium: 57,1 gram
  • Folat: 7 mcg
  • Beta karoten: 314 mcg
  • Vitamin C: 1 mg
  • Vitamin K: 16,4 mcg

Selain itu, mentimun juga memiliki kandungan air yang tinggi (sekitar 97%). Untuk memaksimalkan kandungan nutrisinya, timun harus dimakan tanpa dikupas. Mengupasnya akan mengurangi jumlah serat, vitamin, serta mineral di dalamnya. 

Baca juga: 10 Manfaat Kulit Timun bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui

Manfaat Buah Mentimun untuk Kesehatan Tubuh

Bukan hanya sebagai pelengkap makanan, timun juga mengandung nutrisi yang baik untuk kesehatan. Berikut ini beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan, di antaranya:

1. Mengatasi Bengkak di Sekitar Mata

Mata bengkak bisa terjadi karena tidur terlalu larut atau mata lelah akibat bekerja di depan komputer terlalu lama. Salah satu cara yang paling populer untuk mengatasi kondisi tersebut adalah dengan menempelkan timun di area yang terdapat bengkak

2. Menjaga Kesehatan Ginjal

Buah mentimun mengandung silikon, fluorin, dan kalium, dan kadar kalori yang rendah, hal itulah yang membuatnya dipercaya mampu merangsang ginjal untuk membuang sisa metabolisme dan deposit lemak di dalam tubuh.

3. Membantu Tubuh Tetap Terhidrasi

Jika Anda bosan dengan air putih, Anda juga bisa memasukan potongan mentimun ke dalam botol minum seperti membuat infused water. Dengan begitu, rasa tambahan dari mentimun membuat Anda untuk meminum air putih lebih banyak.

4. Menjaga Kesehatan Tulang 

Mentimun merupakan sumber vitamin K yang baik. Satu cangkir mentimun dapat membantu memenuhi asupan vitamin K harian yang dianjurkan. Selain itu, vitamin K juga penting untuk meningkatkan penyerapan kalsium di tulang.

Baca Juga: 7 Manfaat Timun Jepang bagi Kesehatan

5. Mencegah Sembelit

Air dan serat (yang terdapat di kulit timun) dapat membantu makanan dicerna lebih cepat dan lebih mudah—yang pada akhirnya risiko untuk terkena sembelit bisa berkurang.

6. Menghambat Pertumbuhan Sel Kanker

Kandungan lignan dan cucurbitacin dalam timun dipercaya mampu melindungi tubuh dari kanker. Bahkan, sebuah penelitian mengungkapkan, salah satu kandungan mentimun mampu menghambat pertumbuhan kanker prostat adalah fisetin.

7. Menurunkan Tekanan Darah

Mentimun dipercaya dapat membantu menurunkan tekanan darah karena kandungan kaliumnya dapat mengatur jumlah garam pada ginjal.

Bagi penderita hipertensi, biasanya dalam tubuh terdapat kadar sodium yang terlalu tinggi. Tingginya kadar sodium membuat kadar air di tubuh menjadi tidak seimbang yang memicu meningkatnya tekanan darah.

Guna menetralkan hal ini, tubuh membutuhkan kalium yang cukup. Namun banyak orang tidak mendapatkan asupan kalium yang cukup setiap harinya. Oleh karenanya, untuk membantu menyeimbangkan kadar sodium pada ginjal, Anda harus rutin mengonsumsi mentimun.

8. Membantu Menghilangkan Jerawat

Manfaat mentimun untuk kesehatan yang satu ini dikhususkan bagi kulit wajah. Timun bisa berguna bagi kulit karena mengandung vitamin B5, salah satu vitamin yang sering digunakan untuk menghilangkan jerawat.

Baca Juga: 10 Manfaat Masker Timun untuk Kulit dan Cara Membuatnya

9. Membantu Menurunkan Berat Badan

Saat Anda merasa lapar dan ingin menyantap makanan, hal itu tidak melulu berkaitan dengan terbatasnya asupan makanan, namun kondisi ini juga menandakan bahwa tubuh kekurangan cairan. Jika Anda tidak merasa lapar lagi setelah minum jus mentimun, sebenarnya Anda hanya merasa haus. 

10. Baik bagi Ibu Hamil

Kandungan vitamin C, B1, B3, B2, zat besi, zinc, dan asam folat dalam mentimun dapat membantu perkembangan janin yang ada di dalam kandungan. Selain itu, kandungan kolagen yang ada pada mentimun juga akan membantu mengurangi selulit pada perut sebagai salah satu dampak dari kehamilan.

11. Membantu Mengeluarkan Racun dari Tubuh

Mentimun memiliki sifat diuretik atau bisa memicu produksi air seni. Dengan begitu, hal ini akan semakin sering mendorong bakteri, racun-racun dan zat hasil metabolisme untuk keluar dari tubuh melalui urine.

Cara ini dikenal juga sebagai detoksifikasi. Tubuh pun akan jadi lebih segar karena bersih dari berbagai zat berbahaya dan racun.

Selain itu, mentimun juga mampu melawan radikal bebas yang dapat menyebabkan sejumlah penyakit seperti Alzheimer, penyakit jantung, menurunnya daya penglihatan, hingga diabetes. 

  1. Anonim. 2021. Data Komposisi Pangan Indonesia. https://www.panganku.org/id-ID/view. (Diakses pada 16 Maret 2023)
  2. Anonim. Cucumber, Peeled, Raw Nutrition Facts and Calories. https://nutritiondata.self.com/facts/vegetables-and-vegetable-products/2440/2. (Diakses pada 16 Maret 2023)
  3. Anonim. 2022. Water and Healthier Drinks. https://www.cdc.gov/healthyweight/healthy_eating/water-and-healthier-drinks.html. (Diakses pada 16 Maret 2023) 
  4. Anonim. Vitamin K. https://www.hsph.harvard.edu/nutritionsource/vitamin-k/. (Diakses pada 16 Maret 2023)   
  5. Ajmera, Rachael. 2023. 7 Health Benefits of Eating Cucumber. https://www.healthline.com/nutrition/7-health-benefits-of-cucumber. (Diakses pada 16 Maret 2023) 

DokterSehat | © 2023 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi

https://doktersehat.com/gaya-hidup/gizi-dan-nutrisi/khasiat-mentimun-obat-alami-kaya-manfaat/