12 Manfaat Bunga Kenanga bagi Kesehatan dan Efek Sampingnya
By: Date: 13 Agustus 2023 Categories: Herbal A-Z,obat herbal

Bunga kenanga ternyata memiliki kandungan senyawa yang baik untuk meredakan stres dan cemas. Namun, itu hanya salah satu dari banyaknya potensi khasiat bunga kenanga untuk kesehatan. Simak berbagai manfaat bunga kenanga dalam ulasan berikut!

Kandungan bunga kenanga

Bunga kenanga yang punya nama latin Cananga odorata merupakan jenis bunga yang tumbuh subur di beberapa negara asia, seperti Filipina, Malaysia serta Indonesia. Bunga ini juga dikenal dengan nama ylang ylang.

Bunga kenanga adalah tanaman herbal yang sering digunakan sebagai minyak aromaterapi karena memiliki efek penenang untuk meredakan cemas atau stres. 

Manfaat bunga kenanga berasal dari kandungan senyawa aktifnya seperti dijabarkan berikut ini. 

  • Benzyl benzoate: berfungsi sebagai antibakteri dan antiinflamasi.
  • Beta-caryophyllene: sebagai obat untuk antinyeri.
  • Methyl benzoate: memiliki fungsi sebagai antibakteri dan sering digunakan untuk pembuatan parfum dan alat kosmetik.
  • Geranyl acetate: berfungsi sebagai antiinflamasi dan antijamur.
  • Benzyl acetate: berfungsi sebagai obat penenang.
  • Geraniol: dapat berfungsi sebagai antioksidan dan anti nyeri.
  • Linalool: sebagai obat penenang atau antidepresan.
  • Germacrene-d: berfungsi sebagai antijamur dan antibakteri.

Manfaat bunga kenanga untuk kesehatan

Berkat kandungan aktifnya, tanaman herbal yang memiliki aroma manis dan menenangkan ini telah lama digunakan sebagai pengobatan alternatif. Di bawah ini berbagai khasiatnya untuk kesehatan.

1. Meredakan stres dan cemas

Sebuah studi dalam Journal of evidence-based integrative medicine mengungkapkan bahwa minyak essential oil yang berasal dari bunga kenanga mampu meredakan stres dan kecemasan. 

Pasalnya, kandungan senyawa kimia linalool yang terdapat di dalam bunga kenanga memiliki efek anticemas dan relaksasi. 

Manfaat bunga kenanga inilah yang membuat tanaman herbal satu ini sering dijadikan bahan aromaterapi untuk memberikan efek ketenangan. 

2. Mengobati infeksi jamur 

infeksi jamur pada kulit

Tidak hanya membantu meredakan kecemasan atau stres, kandungan linalool di dalam bunga kenanga juga mampu mengobati infeksi seperti infeksi Candida albicans

Hal ini karena senyawa linalool memiliki sifat antijamur dan antimikroba yang dapat membantu untuk mengobati penyakit kulit seperti infeksi jamur. 

3. Menurunkan tekanan darah

Sebuah penelitian dalam Journal of Exercise Rehabilitation menjelaskan bahwa kandungan minyak esensial bunga kenanga memiliki efek yang baik untuk menurunkan tekanan darah.

Selain itu, minyak dari bunga kenanga punya khasiat untuk menjaga kesehatan jantung agar tetap normal serta baik untuk penderita hipertensi. 

4. Mengobati bronkitis

Bronkitis adalah penyakit yang ditandai dengan peradangan pada bronkus (pipa yang menyalurkan udara dari tenggorokan ke paru-paru). Penyakit ini umumnya terjadi karena infeksi virus atau bakteri

Bunga kenanga memiliki sifat anti inflamasi dan antibakteri yang mampu membunuh bakteri penyebab terjadinya bronkitis

https://hellosehat.com/herbal-alternatif/herbal/manfaat-kemangi-bagi-kesehatan/

5. Menyembuhkan luka akibat gigitan serangga  

gigitan kutu

Ketika Anda tanpa sengaja terkena gigitan serangga, risiko gigitan tersebut terinfeksi oleh bakteri dan kuman yang dibawa oleh serangga sangatlah tinggi.

Nah, khasiat minyak bunga kenanga dapat membantu untuk mengurangi pertumbuhan mikroba.

Selain itu, tanaman herbal ini juga dapat membantu untuk melindungi kulit dari infeksi virus, jamur dan bakteri sehingga proses penyembuhan luka akibat gigitan serangga dapat berlangsung lebih cepat. 

6. Mengobati malaria

Bunga kenanga yang dikeringkan telah lama digunakan sebagai obat tradisional untuk membantu mengatasi gejala penyakit malaria

Namun, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk membahas mengenai efektifitas bunga kenanga untuk mengobati penyakit malaria. 

7. Meringankan sakit kepala

Minyak bunga kenanga atau ylang ylang juga dapat digunakan sebagai obat untuk meringankan sakit kepala. 

Sifat analgesik yang terdapat di dalam tanaman herbal ini mampu meringankan nyeri sakit kepala yang disebabkan oleh stres. 

8. Mengatasi gejala menopause pada wanita

perawatan mata kering akibat menopause mencegah mata kering

Minyak esensial bunga kenanga dikenal mampu untuk mengatasi gejala menopause pada wanita.

Aroma yang menenangkan dapat membantu mengurangi ketegangan dan stres yang sering dialami wanita menopause.

Manfaat senyawa aktif di dalam minyak esensial bunga kenanga ini juga membantu menghambat penurunan massa dan fungsi otot akibat penuaan. 

9. Merawat kulit kepala kering

Kulit kepala kering merupakan gangguan yang muncul akibat penurunan produksi minyak di kulit kepala. Gangguan ini dapat menyebabkan iritasi serta rasa gatal.

Mengoleskan minyak atsiri dari bunga kenanga ylang ylang di kulit kepala kering dapat merangsang produksi minyak dan membuat kulit kepala terasa lebih lembap

10. Mengatasi kudis

Bunga kenanga dapat membantu mengatasi kudis, yakni penyakit kulit yang terjadi akibat gigitan tungau bernama sarcoptes scabiei. Untuk mengatasinya, Anda dapat menggunakan tanaman herbal seperti lidah buaya atau bunga kenanga.

Hal ini karena tanaman herbal tersebut memiliki kandungan antibakteri serta antioksidan yang tinggi, sehingga dapat membantu proses penyembuhan kudis secara alami.

https://hellosehat.com/saraf/sakit-kepala/cara-menghilangkan-sakit-kepala/

11. Mengatasi sesak napas

Ylang ylang dapat membantu untuk mengatasi sesak napas karena tanaman satu ini dapat memberikan efek relaksasi yang menenangkan

Saat tubuh Anda rileks, Anda tentunya dapat menghirup oksigen dengan baik dan mengurangi gejala sesak napas.

12. Meredakan nyeri otot

Bunga kenanga memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu untuk meredakan nyeri otot dan sendi.

Selain itu, tanaman ini mampu mengendurkan otot dan mengurangi risiko kejang otot yang disebabkan oleh radang sendi.

[article-spotlight id=”438563″]

Efek samping bunga kenanga

Meskipun tanaman herbal yang satu ini memiliki banyak khasiat untuk kesehatan, Anda tetap harus berhati-hati untuk menggunakan bunga kenanga sebagai alternatif pengobatan. 

Pada beberapa orang, penggunaan obat herbal dapat menimbulkan efek samping berupa gejala alergi, seperti kemerahan, gatal atau ruam.

Maka dari itu, sebelum menggunakan minyak ylang ylang, aplikasikan sedikit pada kulit dan diamkan selama beberapa saat.

Jika muncul gatal atau kemerahan, hentikan penggunaan minyak herbal ini. 

Cara pakai bunga kenanga untuk obat herbal

obat herbal asma anak tradisional minyak kenanga

Manfaat bunga kenanga dapat digunakan untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Cara menggunakan bunga kenanga untuk kesehatan yakni sebagai berikut. 

  • Sari rebusan bunga untuk masalah pernapasan: sediakan setengah genggam bunga kenanga dan satu sendok gula putih. Rebus hingga mendidih. Saring airnya. Minum dua kali sehari secara rutin.
  • Obat oles untuk luka: sediakan 2 kuntum bunga kenanga, 1 kuntum bunga mawar, dan 10 kuntum bunga melati. Hancurkan dengan 1 sendok teh minyak kelapa. Tempelkan ramuan tersebut pada luka bekas gigitan serangga.
  • Obat alami untuk malaria: keringkan 3 kuntum bunga kenanga. Seduh dengan 1 gelas air panas, lalu tutup rapat. Setelah dingin, saring dan minum secara teratur.

Bunga kenangan diketahui memiliki beberapa potensi untuk kesehatan. Akan tetapi, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan efektivitas tanaman herbal ini untuk mengatasi penyakit, seperti malaria serta masalah pencernaan.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

https://wp.hellosehat.com/herbal-alternatif/herbal/manfaat-bunga-kenanga/?utm_source=rss&utm_medium=rss&utm_campaign=rss