2 Resep Tradisional Mengobati Demam – detikcom
By: Date: 19 Oktober 2022 Categories: healthy tips,herbal,obat alami,obat tradisional,terapi,Tips Sehat

Bandung

Indonesia dibuat geger setelah muncul kasus gagal ginjal akut misterius. Buntut kasus tersebut, pemerintah mengimbau seluruh apotek untuk menghentikan sementara penjualan obat sirop hingga waktu yang belum ditentukan.

Hal ini tentu memberi imbas bagi keluarga yang masih memiliki anak kecil. Pasalnya, obat sirop kerap menjadi andalan bagi anak-anak lantaran memiliki berbagai varian rasa dan lebih mudah untuk dikonsumsi ketimbang obat tablet atau kapsul.

Salah satu alternatif yang dapat digunakan adalah menggunakan formula obat tradisional. Menteri Kesehatan (Menkes) pada 2017 silam juga sempat membuat sebuah panduan tentang ramuan obat herbal tersebut.



Panduan itu terkandung dalam Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor HK.01.07/MENKES/187/2017 tentang Formularium Ramuan Obat Tradisional Indonesia (FROTI). Salah satu ramuan yang tersedia adalah formula untuk menurunkan demam. Berikut 2 ramuan yang dapat digunakan.

1. Sambiloto

Tanaman pertama yang dikenal ampuh menurunkan demam adalah sambiloto. Tumbuhan ini kerap digunakan untuk meningkatkan imunitas tubuh lantaran memiliki kemampuan untuk memperbaiki sekaligus merangsang performa sel darah putih agar lebih efektif melawan virus dan kuman. Simak cara membuat ramuan dari sambiloto.

– Siapkan 10-15 gram herba
– Rebus sambiloto dengan dua gelas air
– Saat air sudah tersisa setengahnya atau sekitar satu gelas air, angkat dan dinginkan
– Setelah mencapai suhu yang netral, saring air rebusan tersebut
– Tambahkan madu secukupnya
– Formula ramuan siap diminum

Ramuan dari sambiloto ini dapat dikonsumsi 3 kali sehari. Kendati demikian, ramuan ini tidak dapat digunakan oleh ibu hamil dan menyusui serta orang yang memiliki alergi. Mengonsumsi ramuan ini secara berlebihan juga dapat menyebabkan muntah, mual, dan kehilangan selera makan.

2. Cabe Jawa

Selain digunakan untuk mengobati tekanan darah rendah, influenza, dan sesak napas, tumbuhan cabe Jawa juga dikenal ampuh untuk menurunkan demam. Untuk membuat ramuan dari cabe Jawa, detikers membutuhkan bagian buahnya.

– Siapkan 3-4 gram buah cabe Jawa
– Haluskan buah tersebut hingga menjadi serbuk
– Seduh dengan secangkir air mendidih
– Diamkan hingga tercampur sempurna
– Formula ramuan siap diminum, santap selagi hangat

Ramuan ini dapat dikonsumsi sebanyak 2 kali sehari. Sebagai perhatian, ramuan ini tidak dapat digunakan oleh orang yang memiliki alergi. Selain itu, minyak atsiri dari cabe Jawa juga dapat menyebabkan iritasi kulit dan mukosa membran bagi sebagian orang.

(iqk/iqk)