5 Cara Menurunkan Berat Badan setelah Lebaran, Coba Sambil Tetap Ibadah
By: Date: 25 April 2023 Categories: minum air putih,Puasa

Suara.com – Semua makanan lezat selama berlebaran dan momen Idul Fitri 2023 ini jelas akan memberikan dampak pada tubuh Anda. Sedikit atau banyak, penambahan berat badan akan terjadi, dan ada baiknya kembali diseimbangkan. Beberapa cara menurunkan berat badan setelah lebaran bisa Anda lihat di sini, dan mencobanya langsung di rumah.

1. Coba Puasa Sunnah

Setelah merayakan hari kemenangan, Anda bisa mencoba melakukan puasa sunnah. Puasa sunnah Syawal selama enam hari ini bisa membantu mengontrol berat badan yang Anda miliki, dengan catatan Anda juga harus disiplin dalam mengkonsumsi menu sahur dan berbuka.

Ketika melakukan puasa ini, kalori yang masuk ke dalam tubuh idealnya akan berkurang sehingga lemak yang menumpuk bisa digunakan sebagai bahan bakar beraktivitas. Puasa sunah ini memiliki pola yang sama dengan puasa modern yang disebut intermittent fasting.

Baca Juga: Polri Catat Terjadi 1.457 Kecelakaan dan 189 Orang Tewas Selama Arus Mudik Lebaran 2023

2. Perbanyak Serat

Salah satu jenis nutrisi yang penting dalam rangka menurunkan berat badan adalah serat. Dengan mengkonsumsi cukup makanan yang mengandung serat, maka rasa kenyang akan lekas datang tanpa harus memerlukan porsi makan yang besar.

Dengan begini Anda bisa mengendalikan nafsu makan karena tidak cepat merasa lapar. Keinginan konsumsi makanan kecil juga bisa ditekan, dengan menggantinya menggunakan buah dan sayur secara rutin.

3. Minum Air Putih sebelum Makan

Jangan remehkan segelas air putih sebelum makan. Tips simpel ini bisa membantu Anda menurunkan berat badan yang didapatkan setelah lebaran, karena dengan cara ini Anda akan merasa kenyang lebih cepat.

Baca Juga: Malam Takbiran Berdarah! Aldebaran Dikeroyok Anak Buah Sekar hingga Kondisinya Mengkhawatirkan, Ikatan Cinta Hari Ini

Rasa kenyang yang datang lebih cepat ini bisa membantu Anda menghindari pola makan berlebihan, yang justru bisa memperparah peningkatan berat badan yang tidak diinginkan.

4. Mengatur Pola Makan

Cara keempat untuk menurunkan berat badan setelah lebaran adalah mengatur pola makan. Semua orang tahu bahwa godaan opor dan rendang sering membuat pola makan berantakan. Tapi demi kebaikan bersama, Anda harus disiplin dalam menerapkan pola makan yang sehat.

Terapkan jadwal makan yang sama setiap hari, misalnya dengan tiga kali makan utama dengan dua kali camilan. Tubuh akan beradaptasi dengan asupan kalori yang didapatkan, sehingga metabolismenya bisa kembali optimal.

5. Tentu Saja Olahraga

Terakhir, dan menjadi tips serta cara paling jelas di antara semua cara, adalah berolahraga. Setelah selesai dengan semua agenda pulang kampung dan berkunjung ke sanak saudara, kembali olahraga secara rutin bisa membantu tubuh membakar tumpukan lemak yang ada.

Olahraga minimal 30 menit, sebanyak 4 hingga 5 kali seminggu, bisa menjadi jadwal paling sederhana. Baik kardio atau olahraga beban, selama semua dilakukan secara rutin maka akan memberikan hasil yang optimal.

Itu tadi 5 cara menurunkan berat badan setelah lebaran yang bisa dibagikan, semoga berguna!

Kontributor : I Made Rendika Ardian

https://www.suara.com/health/2023/04/25/161000/5-cara-menurunkan-berat-badan-setelah-lebaran-coba-sambil-tetap-ibadah