5 Jenis Perawatan Anti Aging yang Disarankan untuk Pria
By: Date: 13 Oktober 2019 Categories: Hidup Sehat,manfaat botox,mencegah penuaan,mencegah penuaan dini,menghindari penuaan,mikrodermabrasi,pakai anti aging di usia tua,Perawatan Kulit,Perawatan Pria,tanda penuaan

Perawatan kulit untuk mencegah penuaan biasanya identik dengan kaum hawa. Padahal, proses penuaan tidak memandang jenis kelamin. Pria juga perlu menjalani perawatan anti aging untuk menjaga kesehatan kulit dan mencegah penuaan yang datang lebih awal.

Beragam perawatan untuk menunda penuaan bagi pria

Perawatan untuk menunda penuaan bagi pria sebenarnya tidak jauh berbeda dengan perawatan untuk wanita. Setiap jenis perawatan bermanfaat untuk mengatasi masalah tertentu, seperti keriput, kulit kusam, dan flek.

Berikut adalah rangkaian perawatan anti aging yang disarankan untuk para pria.

1. Chemical peeling

Chemical peeling adalah perawatan menggunakan produk berbahan kimia untuk mengelupas lapisan kulit yang telah kering dan mati. Tergantung jenis bahan kimia yang digunakan, perawatan ini dapat menunda penuaan dengan beberapa cara, misalnya:

  • Menyegarkan lapisan kulit
  • Merangsang produksi kolagen
  • Membuat tekstur kulit menjadi lebih halus
  • Mengurangi keriput
  • Mengatasi masalah flek dan mencegah pembentukan flek baru
  • Mengatasi kerusakan pada kulit akibat paparan sinar matahari

Efek chemical peeling dapat bertahan selama beberapa bulan hingga satu tahun. Setelah periode tersebut, Anda dapat mengulang perawatan kembali untuk meremajakan kulit.

2. Mikrodermabrasi

Mikrodermabrasi memiliki fungsi yang hampir mirip dengan chemical peeling. Bedanya, perawatan dilakukan secara mekanis menggunakan alat eksfoliator khusus yang terbuat dari logam.

Alat ini akan mengangkat lapisan kulit mati, meratakan benjolan yang terbentuk akibat penumpukan sebum, serta mengatasi kerusakan akibat paparan sinar matahari. Hasilnya adalah kulit wajah yang teremajakan, cerah, serta memiliki tekstur lebih rata.

3. Suntik botox

Suntik botox merupakan prosedur yang cukup populer dalam rangkaian perawatan anti aging pria maupun wanita. Manfaat utamanya adalah untuk menghilangkan garis halus dan keriput, terutama pada area sekitar mata dan dahi.

Prosedur ini dilakukan dengan cara menyuntikkan toksin botulinum dalam jumlah kecil langsung ke dalam kulit. Toksin botulinum akan melumpuhkan sementara otot di bawah permukaan kulit sehingga keriput berkurang dan kulit tampak lebih muda.

Sumber: Daily Inbox

4. Perawatan laser

Perawatan laser bertujuan untuk membuat kulit menjadi lebih halus, lebih kencang, serta memiliki warna yang seragam. Prosedur ini memanfaatkan energi laser untuk menguraikan lapisan kolagen pada kulit sehingga terbentuk lapisan baru yang lebih sehat.

Energi laser juga dapat mengatasi hiperpigmentasi yang menjadi penyebab flek hitam, serta membantu perbaikan pembuluh darah di bawah kulit. Hasil perawatan biasanya akan terlihat setelah satu minggu dan bertahan selama beberapa bulan.

5. Skleroterapi

Perawatan anti aging untuk pria tentu tidak lengkap tanpa skleroterapi. Skleroterapi merupakan perawatan untuk mengatasi pembuluh darah halus yang dekat dan tampak pada permukaan kulit.

Perawatan ini dilakukan dengan cara menyuntikkan cairan yang terbuat dari natrium dan klorida pada permukaan kulit. Setelah penyuntikan, pembuluh darah akan tampak memudar dan akhirnya menghilang.

Anggapan bahwa perawatan anti aging hanya dilakukan oleh wanita adalah stigma lama yang perlu ditinggalkan. Pasalnya, rangkaian perawatan ini juga sama pentingnya bagi kesehatan kulit para pria.

Jangan ragu untuk berkonsultasi mengenai kesehatan kulit Anda dengan dokter yang tepercaya. Terlebih lagi jika Anda mulai memasuki usia di mana kulit mulai mengalami proses penuaan.

Baca Juga:

Let’s block ads! (Why?)