5 Tips Puasa Agar Tidak Batal saat Mudik, Jaga Cairan Tubuh!
By: Date: 13 April 2023 Categories: mudik,Puasa

Suara.com – Mudik ke kampung halaman menjadi momen yang dinantikan di bulan Ramadhan oleh para perantau. Namun, perjalanan mudik lebaran yang melelahkan rawan puasa batal. Lantas, adakah tips puasa agar tidak batal saat mudik? 

Nah bagi yang akan melakukan perjalanan mudik lebaran saat puasa Ramadhan, simak berikut ini tips puasa agar tidak batal saat mudik yang dilansir dari berbagai sumber.

1. Rencanakan perjalanan

Sebelum melalukan perjalanan mudik, pastikan untuk merencanakan perjalanan. Pastikan kamu sudah tahu jelas mana saja lokasi yang akan dituju, durasi untuk mencapainya berapa, dan jalan mana saja yang akan dilewati.

Baca Juga: Ingin Mudik dengan Aman? Pengecekan Kendaraan Wajib Dilakukan, Ini Alasannya!

Dengan adanya rencana perjalanan mudik secara matang, ini dapat membantu meminimalisir risiko batal puasa atau hal lainnya yang mungkin terjadi sepanjang perjalanan mudik.

2. Menjaga stamina

Tips berikutnya saat mudik agar tidak membuat puasa batal yaitu menjaga tubuh agar  tetap fit. Cobalah untuk cek kesehatan dan persiapkan stamina sebelum keberangkatan dari jauh-jauh hari.  Konsumsi makanan sehat yang dapat memperkuat daya tahan tubuh seperti vitamin C dan zinc.

Selain itu, pastikan untuk tidak menyetir saat mengantuk dan luang waktu untuk istirahat sejenak. Pastikan beberapa hari sebelum melakukan mudik, kamu memiliki waktu tidur yang cukup sekirar 7–8 jam.

3. Cairan tubuh dan asupan gizi Terpenuhi

Baca Juga: Mau Mudik? Jangan Lupa Selalu Amalkan Doa Perjalanan Jauh Ini!

Sebelum Mudik, pastikan asupan gizi sudah terpenuhi dengan mengonsumsi makanan yang sehat saat sahur maupun berbuka.

Selain itu, pastikan juga agar cairan tubuh terpenuhi dengan mengonsumsi air putih agar meminimalisir dehidrasi. Jangan lupa juga mengonsumsi multivitamin.

4. Lakukan perjalanan malam

Jika tidak ingin terlalu lelah selama perjalanan mudik, kamu bisa mencoba mudik pada malam hari. Mudik malam hari tidak panas oleh sinar matahari dan kamu juga tidak berpuasa pada malam hari. Sehingga perjalanan mudik malam hari tidak terlalu terasa melelahkan. 

5. Bawa obat-obatan

Tips berikutnya yang bisa dilakukan saat mudik di bulan Ramadhan yaitu membawa obat-obatan di kotak P3K. Ini sebagai antisipasi kalau-kalau di tengah perjalanan mudik kamu merasa tidak enak badan.

Adapun beberapa obat yang perlu disediakan yakni minyak angin, obat pereda nyeri, obat antimabuk,  kain kasa, dan lainnya.

Itulah beberapa tips puasa agar tidak batal saat mudik. Selain tips di atas, ada juga tips lainnya yaitu hanya membawa barang yang diperlukan dan istirahat sejenak saat lelah. Semoga bermanfaat!

Kontributor : Ulil Azmi

https://www.suara.com/health/2023/04/13/152141/5-tips-puasa-agar-tidak-batal-saat-mudik-jaga-cairan-tubuh