6 Tips Mengatasi Mabuk Perjalanan Saat Mudik, Bukan Cuma Minum Obat
By: Date: 17 April 2023 Categories: mabuk perjalanan,mudik

Suara.com – Mudik bisa menjadi perjalanan panjang yang melelahkan secara fisik dan mental, sehingga beberapa di antara kita bisa mengalami mabuk. Kalau Anda termasuk orang yang gampang mabuk, simak tips mengatasi mabuk perjalanan saat mudik dari alodokter.com di bawah ini. 

Mabuk adalah keadaan di mana kita merasakan ketidaknyamanan secara fisik misalnya mual, muntah, pusing, kepala kliyengan, sakit kepala, sakit perut, dan lain sebagainya saat melakukan perjalanan dengan transportasi udara, darat, dan laut. Kondisi ini mengakibatkan kira tak bisa berkonsentrasi sampai akhirnya muntah. Keadaan ini akan mengakibatkan perjalanan kita jadi terasa seperti neraka. 

Jadi, bagaimana cara mengatasi mabuk perjalanan saat mudik? Sebaiknya, Anda bisa menerapkan tips mengatasi mabuk perjalanan saat mudik berikut ini. 

1. Istirahat

Baca Juga: Jalur Mudik Makin Padat, Polisi Kerahkan Tim Penyapu Ranjau Di Jalan Arteri

Jangan paksakan diri untuk melanjutkan perjalanan, istirahatlah terlebih dahulu di rest area. Minumlah teh tawar panas atau jahe panas. Hirup udara segar, tarik nafas secara perlahan, dan tenangkan diri.

2. Ubah posisi duduk

Kalau Anda menumpang transportasi umum, pasti sulit untuk minta istirahat di sembarang rest area. Maka, yang bisa Anda lakukan adalah mengubah posisi duduk. Ketika sudah merasakan gejala mabuk dalam perjalanan, coba untuk ubah posisi duduk. Jika tadinya menghadap depan mengikuti kendaraan melaju, cobalah untuk menghadap ke belakang atau ke samping yang membuat Anda tidak perlu melihat area luar. 

3. Alihkan perhatian dengan hal-hal lain

Cara lain yang bisa meredakan gejala mabuk di perjalanan adalah mengalihkan perhatian. Misalnya Anda bisa mengajak orang lain untuk ngobrol, mendengarkan musik, dan lain-lain. 

Baca Juga: Kabar Gembira! Kementerian PUPR Berikan Diskon untuk Lima Ruas Tol pada Mudik Lebaran 2023, Mana Saja?

4. Konsumsi peppermint

Untuk berjaga-jaga, sebelum berangkat, Anda bisa beli permen mint. Permen rasa mint atau lemon dapat membantu meredakan mual dan muntah akibat mabuk perjalanan. Aroma mint dan lemon dapat membantu tubuh jadi lebih rileks. 

5. Hirup aromaterapi

Bawalah aromaterapi seperti fresh care yang dapat meredakan rasa mual. Aroma yang umumnya ampuh untuk mengurangi rasa mual adalah lemon, peppermint, cengkeh, lavender, chamomile, dan mawar. Pilihlah salah satu yang sesuai dengan selera kamu dan tentu saja yang paling cocok untuk atasi rasa mual. 

6. Minum obat mabuk

Kamu bisa persiapkan obat untuk mabuk perjalanan di tas kamu sebelum berangkat. Obat untuk mabuk perjalanan gampang diperoleh di apotek karena apotek pasti akan menyediakannya dalam bentuk kemasan yang mudah dikonsumsi. Anda hanya perlu meminumnya kalau memang dbutuhkan. 

Mabuk perjalanan memang bukan kondisi yang menyenangkan. Ini tidak berbahaya tetapi sangat mengganggu kenyamanan kita untuk melanjutkan perjalanan. Oleh karenanya, sebelum berangkat atau sebelum naik kendaraan sebaiknya persiapkan diri juga dengan sarapan. Makan makanan dan minuman yang cukup untuk menghangatkan tubuh. 

Demikian itu tips mengatasi mabuk perjalanan saat mudik. Semoga bermanfaat. 

Kontributor : Mutaya Saroh

https://www.suara.com/health/2023/04/17/122252/6-tips-mengatasi-mabuk-perjalanan-saat-mudik-bukan-cuma-minum-obat