[SALAH] Raja Arab Hadiahkan Emas dan Kondominium kepada Ibu Ida Dayak Usai Sembuhkan Pangeran Arab
By: Date: 17 April 2023 Categories: Cek.Fakta,fakta,Hoax

Hasil periksa fakta ‘Ainayya Al Fatikhah.
Unggahan video dengan judul dan keterangan yang mengklaim bahwa Ibu Ida Dayak mendapatkan hadiah emas dan kondominium dari Raja Arab usai berhasil menyembuhkan Pangeran Arab adalah konten yang dimanipulasi. Faktanya, Ibu Ida Dayak sama sekali tidak pernah mengobati Pangeran Arab.

=======

[KATEGORI]: Konten yang dimanipulasi

=======

[SUMBER]:
https://archive.cob.web.id/archive/1681469067.780006/singlefile.html (YouTube)

=======

[NARASI]: “VIRAL – Ibu Ida Dayak Dapat Hadiah Emas & Kondominium Dari Raja Arab, Usai Sembuhkan Pangeran Arab”

=======

[PENJELASAN]:

Channel YouTube Sosial Update (https://www.youtube.com/@sosialupdate7198) pada 2 April 2023 mengunggah video dengan judul dan keterangan yang mengklaim bahwa Ibu Ida Dayak mendapatkan hadiah berupa emas dan kondominium dari Raja Arab. Dalam narasi disebutkan bahwa sebelumnya, Presiden Jokowi memberi mandat kepada Ibu Ida Dayak untuk memenuhi panggilan dari Arab guna mengobati Pangeran Al-Waleed yang telah koma selama 17 tahun. Lebih lanjut, disebutkan pula bahwa ketika Ibu Ida Dayak baru memegang tangan dan kepala sang pangeran, dalam sekejap Pangeran Al-Waleed langsung siuman dari koma panjangnya.

Setelah dilakukan penelusuran, faktanya tidak ada satu pun pernyataan resmi yang mengabarkan bahwa Ibu Ida Dayak diberi mandat oleh Presiden Jokowi untuk datang ke Arab guna mengobati Pangeran Al-Waleed. Selain itu, tidak pernah ada pula pemberitaan resmi mengenai Ibu Ida Dayak yang mengobati dan menyembuhkan Pangeran Al-Waleed dari komanya. Hingga saat ini, diketahui bahwa kondisi Pangeran Al-Waleed masih dalam keadaan koma dan hidup dengan bantuan alat medis.

Penelusuran fakta bahwa Ibu Ida Dayak tidak mengobati Pangeran Arab

Dengan demikian, informasi yang disebarluaskan oleh channel YouTube Sosial Update merupakan konten yang dimanipulasi.

=======

[REFERENSI]:
https://turnbackhoax.id/2023/04/13/salah-ida-dayak-berhasil-sembuhkan-anak-raja-salman/
https://turnbackhoax.id/2023/04/12/salah-ibu-ida-dayak-bantu-pangeran-arab-belajar-berjalan/
https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/5255420/cek-fakta-hoaks-raja-arab-saudi-berikan-hadiah-pedang-emas-pada-ida-dayak