7 Tips agar Berat Badan Tetap Stabil saat Puasa
By: Date: 2 April 2023 Categories: Puasa

Suara.com – Ibadah puasa memang menjadi kewajiban untuk setiap umat muslim yang ada di dunia. Namun demikian, tidak semua bisa menahan diri ketika waktu berbuka tiba, dan berujung pada meningkatnya berat badan. Beberapa tips agar tidak tambah gemuk saat Ramadan bisa Anda simak di sini, untuk menghindari hal tersebut.

Tidak sedikit orang yang memang ingin menambah berat badannya, dan memanfaatkan momen puasa ini. Namun beberapa orang lain ingin agar berat badan yang dimiliki tetap ideal dan tidak bertambah.

1. Jangan Lewatkan Sahur

Sahur akan membantu menyuplai energi sepanjang hari, dan menghindarkan Anda dari makan terlalu banyak saat berbuka nanti. Konsumsi banyak protein, agar rasa kenyang bertahan cukup lama. Ingat untuk makan dengan porsi yang pas.

Baca Juga: Jangan sampai Terlewat, Berikut Amalan Penting di Bulan Syawal yang Pahalanya Berlimpah

2. Atur Porsi Makan

Hindari istilah ‘balas dendam’ saat berbuka. Ketika Anda sudah merasa kenyang, segera berhenti. Jangan sampai makan berlebihan dan tidak terkontrol, karena ini bisa jadi titik dimana Anda mendapatkan tambahan berat badan yang banyak.

3. Tetap Olahraga Ringan

Memang tubuh akan terasa sangat lemas ketika berpuasa. Namun demikian, penting untuk Anda agar tetap berolahraga dalam intensitas ringan. Alih-alih membuat tubuh makin lemas, olahraga justru akan memberikan kesegaran, sekaligus membantu Anda menjaga berat badan ideal.

4. Cermati Apa yang Anda Makan

Baca Juga: Buya Yahya Beberkan Keutamaan Puasa 6 Hari di Bulan Syawal, Lebih Bagus Tanggalnya Beriringan

Penting untuk melihat apa saja yang menjadi menu makanan Anda ketika sahur dan berbuka. Jelas, pola makan sehat dan opsi makanan bernutrisi harus jadi prioritas. Jadi selain Anda mendapatkan tenaga yang dibutuhkan, tidak banyak juga tumpukan lemak yang didapatkan tubuh.

https://www.suara.com/health/2023/04/02/070000/7-tips-agar-berat-badan-tetap-stabil-saat-puasa