Anak Berwajah Chubby Khas Moon Face Bisa Jadi Tanda Penyakit – Validnews
By: Date: 17 November 2022 Categories: berita kesehatan,Health,Health Info,kesehatan

JAKARTAMoon face merupakan istilah yang merujuk pada bentuk wajah membulat atau menyerupai bulan. Pada anak meskipun tampak menggemaskan, namun wajah chubby khas moon face bisa menjadi tanda suatu penyakit.

Moon face terjadi akibat adanya penumpukan lemak di area wajah. Biasanya wajah membengkak secara bertahap, hingga akhirnya membentuk bulat seperti bulan. Tanda khas moon face yakni double chin pada dagu, dan area pipi membengkak hingga telinga biasanya tidak dapat terlihat.

Melansir dari Medical News Today, moon face bisa menjadi tanda suatu penyakit. Paling umum adalah obesitas atau kelebihan berat badan dan sindrom Cushing. Sindrom Cushing adalah suatu kondisi di mana tubuh terpapar kadar hormon kortisol yang tinggi secara jangka panjang.

Selain itu, banyak pula kasus anak berwajah moon face turut mengidap diabetes tipe 2 dan tekanan darah tinggi, baik akibat pola makan atau keturunan. Mengonsumsi obat-obatan jenis tertentu juga bisa untuk menyebabkan pembengkakan pada wajah. 

Misalnya konsumsi obat steroid dalam jangka waktu lama, dan obat-obat lain yang dapat meningkatkan nafsu makan. Serta bisa pula akibat reaksi alergi dari obat jenis aspirin, penisilin, dan glukokortikoid. 

Tubuh gemuk dengan pipi yang chubby pada anak memang terkadang memberi kesan lucu, dan anak dinilai memiliki kebutuhan gizi dan status kesehatan yang baik. Kondisi ini kerap membuat orang tua tidak memperhatikan dan mengetahui bahwa wajah anak tergolong moon face

Dalam Healthline dikatakan, moon face sendiri sebenarnya tidak berbahaya, namun jika dibiarkan tanpa tahu penyebabnya, penyakit atau faktor risiko yang memicu moon face bisa saja semakin parah.  

Pada anak yang lebih besar atau remaja, moon face dikhawatirkan dapat mempengaruhi kepercayaan diri dan kesehatan mental mereka. Karena itu, orang tua dianjurkan memperhatikan kondisi tubuh anak. 

Jika berat badan anak terus mengalami kenaikan diikuti dengan pembengkakan bentuk wajah, maka disarankan membantu anak mengontrol berat badan atau memeriksa kondisi kesehatannya.

Moon face bisa diatasi dengan menghilangkan atau menyembuhkan penyebabnya. Bisa juga dengan melakukan perawatan rumahan seperti menjalani diet penurunan berat badan, rajin bergerak dan berolahraga, serta mengurangi konsumsi garam.

Selain itu, jika moon face disebabkan oleh penggunaan obat-obatan terutama steroid, disarankan untuk mengganti jenis steroid lainnya. Namun perlu diingat untuk mengganti ataupun menghentikan konsumsi obat ini harus sesuai dengan anjuran dokter.