[SALAH] Mengunyah Kulit Pohon Jambu Mete Biasa Menetralisir Racun Gigitan Ular
By: Date: 17 November 2022 Categories: Cek.Fakta,fakta,Hoax

Hasil Periksa Fakta Luthfiyah OJ (UIN Raden Mas Said Surakarta).

Klaim tersebut tidak benar. Faktanya, tidak ada bukti ilmiah yang membenarkan hal tersebut dan WHO mengimbau untuk menetralisir racun menggunakan antivenom atau serum anti bisa ular.
Selengkapnya pada bagian penjelasan.
= = = = =
KATEGORI: Konten Palsu
= = = = =
SUMBER: Facebook
https://archive.ph/6inNs

= = = = =
NARASI:
“ANTI RACUN.
Ada banyak ular dengan racun yang sangat beracun yang bisa membunuh dalam beberapa jam
Jika Anda adalah korban gigitan ular atau racun, cari saja pohon jambu mente, gunakan gunting untuk mengambil kulit pohon jambu mente, dan kunyah kulit pohonnya
Saat Anda mengunyah, telan jusnya, jangan menelan sekamnya. Ini akan menetralisir setiap zat beracun dari ular bahkan jika itu gigitan mamba hitam.
Sangat efektif dan ampuh untuk menghancurkan bisa ular.
Anda dapat menyimpan kulit kayu untuk keadaan darurat apa pun, meskipun kering, cukup rendam dalam air. itu tidak merusak, itu bisa disimpan selama bertahun-tahun
Allah telah memberkati kita dengan begitu banyak herbal tetapi banyak yang tidak mengetahuinya. “
= = = = =
PENJELASAN:
Akun Facebook Kardi Jr memposting sebuah informasi jika dengan mengunyah kulit pohon jambu mete bisa menetralisir racun gigitan ular. Dalam postingan yang diunggah 5 Oktober 2022 tersebut juga dijelaskan cara menggunakannya.
Setelah ditelusuri, informasi tersebut tidak benar atau hoaks. WHO mengimbau untuk menghindari pengobatan tradisional herbal dan disarankan orang yang terkena gigitan ular segera pergi ke rumah sakit agar mendapatkan pengobatan yang sesuai. Racun pada ular mamba yang disebutkan pada narasi tersebut memiliki beberapa jenis racun di antaranya racun neurotoksik yang mempengaruhi saraf, racun sitotoksik menyerang jaringan dan sel otot di tempat gigitan, hingga racun hemotoksik yang dapat menyebabkan pembekuan darah. WHO bahkan menambahkan racun miotoksik yang dapat menyebabkan kelumpuhan pernapasan sebagai jenis racun yang dimiliki ular mamba.
Sampai saat ini untuk menetralisir racun akibat gigitan ular WHO masih menghimbau untuk menggunakan antivenom atau serum anti bisa ular yang disuntikan dalam kurun waktu 4 jam pertama setelah digigit ular, sehingga penanganan cepat gigitan ular oleh ahli sangat perlu dilakukan.
Dengan demikian klaim dengan mengunyah kulit pohon jambu mete bisa menetralisir racun gigitan ular adalah hoaks. Tidak ada bukti ilmiah yang membenarkan hal tersebut dan WHO mengimbau untuk menetralisir racun menggunakan antivenom atau serum anti bisa ular, sehingga masuk dalam kategori konten palsu.
REFERENSI:
https://www.merdeka.com/cek-fakta/cek-fakta-hoaks-mengunyah-kulit-pohon-jambu-monyet-dapat-menetralisir-racun-ular.html

Penulis: Luthfiyah Oktari Jasmien
Editor: Bentang Febrylian