Antisipasi Pencegahan DBD, Warga Manukan Wetan Gelar Kerja Bakti – PETISI
By: Date: 30 Januari 2022 Categories: berita kesehatan,Health,Health Info,kesehatan

SURABAYA, PETISI.CO – Dalam rangka mengantisipasi penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) Pemerintah Kota Surabaya telah menghimbau dalam ajakan “Kerja Bakti Serentak Se- Surabaya”. Kerja bakti yang ditentukan pada Minggu 30 Januari 2022 itu tampak dilakukan di wilayah Surabaya Barat.

Seperti halnya, Warga Manukan Sikatan RT 02 RW 01, Kelurahan Manukan Wetan, Kecamatan Tandes, Surabaya. Tampak mengikuti himbauan tersebut dengan melaksanakan giat kerja bakti.

Warga membersihkan kotoran saluran selokan

Dari pantauan Petisi.co, kegiatan yang dimulai pukul 07.00 WIB ini, di ikuti ketua 01 Dwi Hendra ST, Ketua RT Ferdinand Puti Nella, Bhabinsa Kelurahan Manukan Wetan, Tandes Serma Sugianto dan juga warga masyarakat yang berada di lingkungan RT 02 RW 01.


Dengan penuh semangat, Warga yang mengikuti sekitar 40 ini, membawa berbagai macam alat, seperti sapu, serokan, cangkul, linggis, karung, serta Chain Block (alat derek manual) untuk membuka tutup cor selokan.

Ferdinand Puti Nella (37) selaku ketua RT mengatakan, tujuan diadakannya kerja bakti ini adalah membersihkan lingkungan agar bersih mengingat di musim panca roba seperti ini banyak penyakit yang timbul. Selain itu pihaknya juga mengikuti himbauan Pemerintah pusat dalam rangka Kerja Bakti Serentak di seluruh Surabaya.

“Seperti kita ketahui bersama, pemerintah telah menghimbau untuk mengadakan kerja bakti serentak pada minggu ini. Mengingat di salah satu daerah di Surabaya telah terjangkit DBD. Ini bentuk antisipasi dalam pencegahan,” ujar ketua RT yang juga menjabat sebagai Sekretaris pasar Manukan Wetan ini.

Lanjut kata Fran sapaan akrabnya, dengan mengadakan kegiatan seperti ini sebagai wujud kepedulian terhadap lingkungan dan sedikit ia bersama warga sudah upaya dalam mengurangi sumber penyakit di wilayahnya

“Selain untuk menjaga kebersihan, kegiatan ini juga bertujuan untuk membina hubungan sosial masyarakat khususnya di Manukan Wetan Gang 2 RW 1 ini,” jelasnya

Ditanya terkait sasaran pelaksanaan ini, pihaknya menguraikan 3 Poin dalam pengerjaan, pertama membersikan lingkungan terhadap sarang nyamuk, kedua membersihkan kotoran saluran selokan, dan ketiga menata ulang garis jalan yang sudah ditentukan

“Untuk garis, yang ditentukan dengan tanda cat putih ini, supaya warga tidak menaruh pot bunga, kursi cangkrukan, atau barang barang lainya di luar garis, biar tidak memakan jalan umum,” pungkasnya

Sementara di tempat yang sama, Dwi Hendra ST selaku RW 01 Manukan Sikatan, mengapresiasi kegiatan kerja bakti dan gotong royong warga dalam membersihkan lingkungan.

“Alhamdulillah partisipasi masyarakat, khususnya RT 02 sangat baik, ayo kita jaga kebersihan dan kesehatan lingkungan, dengan lingkungan yang bersih hidup akan jadi lebih sehat,” ungkapnya.

Pihaknya juga menambahkan, kerja bakti kali ini tidak hanya di satu RT saja. Warga juga serentak dalam kerja bakti yang dihimbau pemerintah pusat.

“Kegiatan ini juga kami libatkan warga di RW 01, seperti kerja bakti di Balai RW, tepatnya di RT 03. Harapannya lingkungannya
menjadi bersih dan diharapkan berdampak positif terhadap peningkatan kesehatan
warga, dan juga menjalin kekompakan dalam hal bergotong royong,” katanya

Pihaknya juga berterima kasih kepada Warga di RT 02 RW 01 yang telah ikut serta dalam kerja bakti ini. Dan menurutnya tanpa peran dukungan dari warganya tidak akan berlangsung giat kerja bakti itu.

“Saya berserta pengurus kampung, berterima kasih kepada warga, telah mengikuti giat ini, karena kebersihan lingkungan adalah milik kita bersama, dengan lingkungan yang bersih hidup akan jadi lebih sehat, semoga warga semua terhindar dari penyakit DBD,” pungkasnya.

Kegiatan yang berjalan hingga pukul 11.30 WIB tampak warga tetap mematuhi protokol kesehatan. (inul)