Apakah Minyak Esensial Bisa Digunakan sebagai Pengobatan? – Tribunnews.com
By: Date: 28 Oktober 2021 Categories: berita kesehatan,Health,Health Info,healthy tips,Info Sehat,Informasi Kesehatan,kesehatan,Kesehatan Umum,Tips Sehat

TRIBUNNEWS.COM – Umumnya, ketika mendengar “minyak esensial”, yang ada di pikiran kita hanyalah tentang aroma.

Namun, minyak ini dapat menawarkan lebih dari alternatif wewangian. Misalnya, beberapa orang telah berhasil menggunakannya untuk mengurangi gejala alergi.

“Minyak esensial lebih dari sekadar aroma. Minyak esensial adalah obat herbal dalam bentuk yang paling terkonsentrasi,” kata ahli minyak esensial dan penulis buku “Essential Oils Every Day”, Hope Gillerman, seperti dikutip Kompas.com.

ILustrasi essential oil
ILustrasi essential oil (net/meramuda)

Gillerman mencatat, orang-orang telah menggunakan minyak esensial selama ribuan tahun untuk berbagai hal.

Mulai dari menangkal virus, menyembuhkan luka, menenangkan sistem saraf, hingga memfokuskan pikiran saat meditasi atau dalam upacara keagamaan.

Baca juga: Berapa Batasan Konsumsi Es Kopi Susu Tiap Hari? Ini Kata Dokter Gizi

Baca juga: Vitamin C, Nutrisi Penting di Masa Pandemi Covid-19

Meski penelitian aktual tentang penggunaan medis minyak esensial belum lengkap, tak sedikit yang telah mencobanya untuk perawatan kulit, mengurangi stres, mendukung sistem kekebalan tubuh, dan memberi aroma rumah tanpa bahan kimia beracun.

“Minyak esensial bahkan digunakan untuk membantu persiapan pasien yang hendak operasi dan menangani stres penyakit serius, serta perawatannya,” lanjut dia.

Minyak esensial juga bisa digunakan untuk meredakan sakit pada anak-anak.

Greenday Kids misalnya. Minyak esensial itu diklaim berkhasiat meredakan demam, flu, batuk, meningkatkan daya tahan tubuh.

Tak hanya itu, bisa pula digunakan untuk mengatasi masalah tidur, mencegah gigitan nyamuk, membantu relaksasi, hingga menenangkan tantrum pada anak.

Baca juga: Alami Efek Samping Demam Setelah Vaksinasi Covid-19? Ini Penjelasan Dokter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *