Ilmuwan Ungkap Kesalahan Identifikasi Mangsa Bikin Hiu Gigit Manusia – Kompas.com – KOMPAS.com
By: Date: 28 Oktober 2021 Categories: Sains

KOMPAS.com – Meski jarang terjadi, namun kasus hiu menggigit manusia hampir selalu menarik perhatian khalayak dan menyebabkan kekhawatiran publik.

Hal tersebut rupanya juga membuat para peneliti bertanya-tanya, mengapa hiu melakukan penyerangan dan menggigit manusia yang sedang beraktivitas di lautan.

Sebuah studi baru akhirnya berhasil menjawab teka-teki tersebut.

Mengutip New Scientist, Kamis (28/10/2021) peneliti menyebut jika dari sudut pandang hiu, manusia dan anjing laut – yang merupakan mangsa hiu, terlihat sangat mirip di dalam air.

Sehingga, kejadian gigitan pada manusia kemungkinan merupakan kasus kesalahan hiu dalam identifikasi mangsa.

Baca juga: 6 Fakta Hiu Greenland, Vertebrata yang Hidup Paling Lama di Dunia

“Dengan pemahaman yang lebih baik mengapa hiu menggigit manusia, kami dapat menemukan teknologi mitigasi yang lebih baik untuk mencegah kejadian serupa,” kata Laura Ryan dari Macquarie University di Australia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dalam studinya, Ryan bersama rekan-rekannya membuat rekaman terpisah dari anjing laut dan singa laut yang berenang di tangki akuarium Taronga Zoo di Sydney, Australia.

Peneliti juga merekam orang-orang yang berenang dan mendayung di papan selancar di dalam tangki.

Peneliti kemudian menggunakan kamera statis ,yang dipasang di bagian bawah setiap tangki dan satu kamera lain yang dipasang pada skuter di bawah air dan meniru gerakan hiu putih besar(Carcharodon carcharias).

Hiu tersebut merupakan salah satu dari tiga spesies hiu yang bertanggung jawab atas gigitan pada manusia.