Ayah Bunda Wajib Tahu, 5 Trik Bisa Jadi Sahabat untuk Anak
By: Date: 29 April 2023 Categories: Life

BUKAN hanya menjadi orangtua, dalam mengurus dan membesarkan anak, banyak keuntungan yang bisa didapat jika bisa menjadi sekaligus sahabat bagi anak.

Selain harmonis, anak yang merasa bersahabat dekat dengan kedua orangtuanya, cenderung lebih terbuka dan jujur serta komunikatif terhadap ayah dan ibunya. Di sisi lain, orangtua juga menjadi lebih tahu seperti apa perkembangan tumbuh kembang sang anak, apalagi jika sang anak sudah beranjak remaja dan mulai punya kehidupan sendiri.

Lantas apa yang harus dilakukan orangtua agar bisa menjadi sahabat dari anaknya sendiri? Coba simak paparan tipsnya di bawah ini, dilansir dari Times of India, Sabtu (29/4/2023).

1. Bersikap transparan: Orang tua merupakan guru pertama seorang anak, oleh karena itu jangan hanya sibuk berteori tapi biasakan langsung mempraktikkan apa yang Anda ajarkan kepada anak untuk memberikan contoh yang tepat bagi mereka.

BACA JUGA:

Bersikaplah transparan dan terima kesalahan dan kesalahan diri sendiri di depan anak. Anak akan tumbuh mempelajari sifat ini dan mereka akan menghormati kejujuran Anda sebagai orangtua.

BACA JUGA:

2. Beri kebebasan: Berikan anak kebebasan untuk bereksplorasi, jaman sekarang hanya dengan menetapkan aturan yang kaku hanya akan membuat anak, terutama jika sudah remaja merasa dikekang secara tidak wajar yang mana bisa memicu anak justru menjadi pemberontak.

Beri anak kebebasan dan ruang untuk tumbuh dan mengeksplorasi berbagai hal sendiri, namun tetap diawasi dengan seksama.

Follow Berita Okezone di Google News

Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Okezone.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

https://lifestyle.okezone.com/read/2023/04/29/612/2805731/ayah-bunda-wajib-tahu-5-trik-bisa-jadi-sahabat-untuk-anak