Berwarna Merah Darah, Gerhana Bulan 26 Mei Disebut Super Blood Moon – ayobandung.com
By: Date: 21 Mei 2021 Categories: Sains

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM — Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) RI melaporkan, gerhana bulan total (GBT) akan segera terjadi di wilayah Indonesia. Diperkirakan fenomena ini terjadi bertepatan dengan Hari Raya Waisak, yakni pada 26 Mei 2021 mendatang.

Diketahui, fenomena gerhana bulan total tersebut sebelumnya pernah terjadi pada 2019 lalu. Namun kali ini, fenomena gerhana bulan total disebut dengan Super Blood Moon. 

Dikutip Ayojakarta.com dari unggahan yang diposting akun Instagram resmi LAPAN @lapan_ri pada 19 Mei 2021, Super Blood Moon dapat disaksikan secara langsung.

“Halo #SobatLAPAN! Tanggal 26 Mei 2021 nanti bertepatan dengan Hari Raya #Waisak, kita dapat menyaksikan #GerhanaBulanTotal,” tulis LAPAN RI. 

Gerhana bulan total ini akan terlihat spesial, karena beriringan dengan terjadinya perige atau ketika bulan berada di jarak terdekatnya dengan bumi. Sehingga, nantinya gerhana bulan ini akan tampak berwarna merah karena adanya pembiasan dari cahaya matahari oleh lapisan atmosfer bumi.

Maka dari itu, gerhana bula totalkali ini disebut dengan Super Blood Moon, dan terletak di konstelasi Scorpius.

Meski fenomena langka ini dapat disaksikan di seluruh wilayah Indonesia, namun lokasi terbaik untuk dapat melihatnya dengan jelas berada di Indonesia bagian timur saja.

“Lokasi yang terbaik untuk mengamati adalah di Indonesia bagian Timur,” tulis LAPAN.

Semua orang dapat melihatnya secara langsung tanpa bantuan alat optik apapun. Durasi fase total gerhana kali ini cukup singkat. Dikabarkan durasi tersebut yakni selama 14 menit 30 detik.