[SALAH] Foto “Breaking News, Pria Misterius Bantai Tentara Israel, Israel Menyerah dan Mengakui Kedaulatan Palestina”
By: Date: 21 Mei 2021 Categories: Cek.Fakta,fakta,Hoax

Gambar EDITAN dari tampilan video berita Nightly News milik NBC News Exlusive yang tayang pada 10 Februari 2017. Di foto dan video berita asli, foto pria yang ditampilkan di berita tersebut adalah foto Edward Snowden.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI
===========================================
Kategori : Konten yang Dimanipulasi
===========================================

Akun Facebook Maru AG (fb.com/MaruMaru999) pada 20 Mei 2021 mengunggah sebuah gambar tangkapan layar tampilan video berita ke grup ShitMakar Untuk Kebutuhan Iman.

Di gambar tersebut, terdapat narasi “Breaking News, Pria Misterius Bantai Tentara Israel, Israel Menyerah dan Mengakui Kedaulatan Palestina”

Sumber : https://archive.ph/RVWqn (Arsip)
===========================================

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran, adanya gambar tangkapan layar tampilan video berita dengan narasi “Breaking News, Pria Misterius Bantai Tentara Israel, Israel Menyerah dan Mengakui Kedaulatan Palestina” adalah konten yang dimanipulasi.

Faktanya, gambar itu merupakan gambar hasil editan atau suntingan dari tampilan video berita Nightly News milik NBC News Exlusive yang tayang pada 10 Februari 2017. Di foto dan video berita asli, foto pria yang ditampilkan di berita tersebut adalah foto Edward Snowden.

Video berita tersebut, dimuat di situs nbcnews.com pada 11 Februari 2017 dengan judul “Nightly News Full Broadcast (February 10th)”.

Di keterangannya, tertulis: “In Friday night’s broadcast: Russia is considering offering Edward Snowden as a “gift” to President Trump, U.S. National Security Advisor Flynn is under fire over ties to Russia and Northern California struggles after a week of rain.” atau yang jika diterjemahkan:

“Dalam siaran Jumat malam: Rusia sedang mempertimbangkan untuk menawarkan Edward Snowden sebagai “hadiah” kepada Presiden Trump, Penasihat Keamanan Nasional AS Flynn dikecam karena hubungan dengan Rusia dan perjuangan California Utara setelah seminggu hujan.”

REFERENSI
https://www.nbcnews.com/nightly-news-netcast/video/nightly-news-full-broadcast-february-10th-874840643720