Bisa Sebabkan Kerusakan Gigi dan Tulang Rahang, Yuk Lakukan Cara Ini untuk Mencegah Radang Gusi!
By: Date: 6 Juli 2023 Categories: gigi,kerusakan gigi,radang gusi

Suara.com – Radang gusi atau gingivitis merupakan kondisi umum yang terjadi, ditandai dengan memerahnya gusi di sekitar pangkal gigi.

Radang gusi dapat disebabkan banyak faktor seperti infeksi bakteri, kebersihan mulut yang buruk, merokok, dan faktor genetik.

Bila tidak diobati, radang gusi dapat berkembang menjadi penyakit periodontal yang lebih serius yang dapat menyebabkan kerusakan permanen pada gigi dan tulang rahang.

Untuk mencegah dan mengatasi radang gusi, penting untuk menjaga kebersihan mulut yang baik dengan menyikat gigi dua kali sehari dan membersihkan rongga mulut menggunakan benang gigi atau dental floss serta obat kumur agar kesehatan gigi dan mulut terjaga dengan optimal.

Baca Juga: Kena Imbas Perselingkuhan Syahnaz, Nagita Slavina Diminta Didik Adik Iparnya Agar Jadi Istri yang Baik

Ya, obat kumur merupakan salah satu cara yang dinilai efektif dalam membantu mencegah dan mengatasi radang gusi. Ini dikarenakan obat kumur umumnya merupakan cairan antiseptik yang digunakan untuk membersihkan sela-sela gigi, permukaan lidah dan gusi, serta mulut bagian belakang atau kerongkongan.

Manfaat itu pula yang ditawarkan obat kumur Innadine yang menggabungkan bahan antiseptik Cetylpyridinium Chloride (CPC) dan Chlorhexidine untuk membunuh bakteri dan kuman penyebab penyakit gigi dan mulut. Kombinasi bahan ini diklaim sangat efektif dalam membunuh bakteri dan mencegah infeksi.

CPC yang ampuh membunuh virus SARS-Cov 2 (Coronavirus) bekerja dengan menghancurkan membran sel bakteri dan juga efektif dalam membunuh bakteri yang menyebabkan plak gigi dan penyakit gusi. Sementara Chlorhexidine yang sering direkomendasikan dokter gigi pun merupakan bahan antiseptik yang efektif.

“Obat kumur bukanlah pengganti sikat gigi atau flossing, namun penggunaan obat kumur dapat menjadi tambahan rutinitas perawatan gigi yang baik dan dapat mencegah terjadinya penyakit gigi dan mulut,” jelas drg. Jeanice Felincia dalam keterangan tertulisnya.

Apabila Anda mengalami radang gusi (gingivitis) atau ingin mencegah terjadinya gingivitis, obat kumur keluaran PT Inna Pharmaceutical ini akan membantu melindungi kesehatan gigi dan mulut dengan kombinasi CPC dan Chlorhexidine.

Baca Juga: Raffi Ahmad Tak Main-Main Siapkan Perlawanan Terhadap Rizky Billar dan Lesti Kejora saat Badminton Nanti: Gak Bisa Pandang Sebelah Mata…

Selain itu, obat kumur juga dapat membantu membunuh bakteri dan kuman yang menyebabkan gingivitis dan membantu mengurangi bau mulut serta sariawan.

https://www.suara.com/health/2023/07/06/092459/bisa-sebabkan-kerusakan-gigi-dan-tulang-rahang-ini-sederet-cara-mencegah-radang-gusi