Buaya yang Jadi Ejekan buat Pria Gonta-ganti Pasangan Itu Satwa Paling Setia – detikTravel
By: Date: 30 Januari 2023 Categories: Sains

Jakarta

Buaya kerap menjadi ejekan bagi pria yang hobi gonta-ganti pasangan. Padahal, satwa itu setia luar biasa kepada pasangannya.

Itu ditunjukkan melalui penelitian sistem perkawinan buaya oleh pakar University of Georgia, yakni Travis Glenn, Ruth Elsey, Tracey Tuberville dan Stacey Lance selama satu dekade. Hasil penelitian itu mengungkapkan 70 persen buaya betina kawin dengan pasangan yang sama di setiap musim kawin.

Mereka memeriksa sistem perkawinan buaya aligator di Suaka Margasatwa Rockefeller (RWR), Departemen Margasatwa dan Perikanan Louisiana di Louisiana, Amerka Serikat (AS). Para peneliti itu mengamati buaya-buaya sepanjang 41 km di Teluk Long Island Sound.

“Mengingat betapa sangat terbuka dan padatnya populasi buaya di RWR, kami tidak menyangka akan mendapati kesetiaan buaya,” kata Lance, seperti dikutip dari Science Daily.

“70 persen dari buaya betina kembali kepada pasangan. Itu benar-benar luar biasa,” Lance menambahkan.

Dalam penelitian itu, buaya betina di RWR bergerak bebas melalui wilayah jantan yang mengarah ke tingkat pertemuan kawin yang tinggi. Namun, banyak buaya memilih untuk kawin dengan pasangan yang sama selama beberapa musim kawin.

“Saya tidak menduga pasangan buaya yang sama, yang dikembangbiakkan bersama pada tahun 1997, masih kawin pada tahun 2005 dan mungkin masih menghasilkan sarang bersama hingga hari ini,” kata dia.

Dalam penelitian itu juga ditemukan seekor biaya jantan bertanggung jawab atas semua keturunan yang dihasilkan dari buaya betina yang sama pada musim kawin tahun 2000, 2002, dan 2004.

Selain itu, buaya betina menunjukkan perhatian dan perlindungan yang besar kepada anak-anaknya. Itu agar anak-anak buaya tidak dimangsa oleh buaya dewasa.

Adapun setelah musim kawin dan telur menetas, pasangan buaya jantan dan betina dikenal sebagai induk yang luar biasa. Mereka berbagi tugas dan bergantian menjaga bayi mereka. Buaya jantan juga bertugas mencari makanan untuk buaya betina.

Simak Video “Kemunculan Buaya di Pantai Padma Legian yang Bikin Kaget
[Gambas:Video 20detik]
(fem/fem)