[SALAH] Penampakan UFO di atas Gunung Merapi 24 Januari 2023
By: Date: 30 Januari 2023 Categories: Cek.Fakta,fakta,Hoax

Hasil periksa fakta Riza Dwi (Anggota Tim Kalimasada)

Informasi salah, Peneliti Pusat Sains Antariksa (Pusainsa) Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Andi Pangerang menjelaskan bahwa benda tersebut adalah satelit FalconSAT-3 yang mengalami atmospheric reentry.

=====
KATEGORI: Konten yang Menyesatkan

=====
NARASI:
“#KabarUFO Penampakan UFO di atas Gunung Merapi, 24 Januari 2023, pukul 01:25 WIB.

Lokasi pengamatan: desa Kemirikebo (9 km dari gunung).

Sumber: Frekom Tagana, Yogyakarta.

FYI, gunung berapi aktif di seluruh dunia adalah hotspots penampakan UFO.”

=====
SUMBER: Twitter
https://archive.fo/O5HOg

=====
PENJELASAN

Beredar sebuah video yang menampakkan sebuah cahaya putih bergerak di ata Gunung Merapi pada 24 januari pukul 01.25 WIB. Video yang diunggah akun Twitter @kabarufo tersebut mengklaim bahwa itu adalah penampakan UFO di atas Gunung Merapi.

Mengutip dari kompas.com video yang berdurasi 30 detik yang beredar di twitter dan sosial media lainnya itu bukanlah hasil rekayasa. Namun terkait klaim penampakan UFO, Peneliti Pusat Sains Antariksa (Pusainsa) Badan riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Andi Pangerang memberikan penjelasan bahwa munculnya cahaya putih di atas Gunung Merapi pada 24 Januari dini hari tersebut kemungkinan adalah satelait FalconSAT-3 yang mengalami atmospheric reentry.

Dilansir dari Suara.com Penjelasan Andi Pangerang yang menyebut cahaya putih tersebut adalah satelit FalconSAT-3, dikuatkan dengan laporan dari satview.org, yang menjelaskan Falconsat-3 (30776U) masuk kembali pada hari Senin, 23 Januari 2023 pukul 12:42 UTC. Satelit tersebut terakhir terdeteksi di koordinat yang ditunjukkan pada peta (Samudera Hindia).

Berdasarkan penjelasan di atas klaim penampakan UFO di Gunung Merapi adalah salah dan termasuk dalam kategori konten yang menyesatkan.

=====
REFERENSI:

https://www.kompas.com/cekfakta/read/2023/01/27/095900782/fakta-cahaya-di-atas-gunung-merapi-bukan-ufo-melainkan-satelit

https://www.suara.com/news/2023/01/27/091315/heboh-diduga-ufo-di-atas-gunung-merapi-brin-dan-bpptkg-buka-suara