Cacar Monyet Jadi Pandemi, Berikut 11 Rekomendasi WHN untuk Meminimalisir Penyebarannya – Celebrities.id
By: Date: 27 Juni 2022 Categories: berita kesehatan,Health,Health Info,kesehatan

JAKARTA, celebrities.idWorld Health Network (WHN) mendeklarasikan cacar monyet atau lebih dikenal dengan sebutan monkeypox sebagai pandemi.

Selain itu, WHN juga mendesak Badan Kesehatan Dunia (WHO) mengeluarkan Public Health Emergency of International Concern (PHEIC) untuk cacar monyet.

Kekhawatiran WHN akan cacar monyet cukup mendasar. Sebab, mereka melihat beberapa indikator yang dinilai akan memberikan efek buruk jika cacar monyet tidak segera dinyatakan sebagai pandemi. Misalnya saja penularan yang masif dan telah dilaporkan di banyak negara, lintas benua. Selain itu, sekalipun kasusnya didominasi orang dewasa, cacar monyet juga diidentifikasi pada sebagian tubuh anak-anak.

“Cacar monyet adalah virus yang berpotensi menyebabkan kerugian signifikan bagi publik, termasuk penyakit akut yang menyakitkan yang mungkin memerlukan perawatan inap dan dapat mengakibatkan kematian, jaringan parut pada kulit, kebutaan, hingga kecacatan jangka panjang,” tulis WHN, dikutip dari Euro Weekly News, Senin (27/6/2022).

Diterangkan di sana bahwa kelompok yang paling rentan adalah anak-anak, ibu hamil, dan orang-orang dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah. Karena itu, jika tidak ada tindakan yang diambil, penyakit ini akan terus menyebar baik dalam populasi laki-laki berhubungan seks dengan laki-laki sebagai kelompok paling banyak dilaporkan, maupun masyarakat secara umum.

Nah, WHN pun mengeluarkan 11 rekomendasi upaya meminimalisir penyebaran kasus cacar monyet meluas di masyarakat. Rekomendasi ini diharapkan bisa diterapkan di seluruh dunia. Apa saja rekomendasinya?

  1. Menerapkan identifikasi kasus secara luas dengan pelacakan kontak yang komprehensif
  2. Menyediakan layanan pengujian publik gratis dan tersedia di banyak tempat di negara tersebut. Tidak dibatasi hanya untuk pelaku perjalanan, tapi juga kontak erat atau kelompok berisiko tinggi
  3. Lakukan isolasi dan berikan perawatan medis kepada individu yang terinfeksi dengan penerapan tindakan pencegahan infeksi dan pengendalian pencegahan yang optimal
  4. Memberikan panduan terkini untuk petugas kesehatan masyarakat dan dokter
  5. Menyediakan sumber daya yang tersedia bagi masyarakat untuk isolasi dan identifikasi kasus
  6. Tingkatkan kesadaran masyarakat tentang kebutuhan dan peluang melakukan tes dan juga jelaskan ke masyarakat kemungkinan terinfeksi sekalipun bukan kelompok rentan
  7. Mengumumkan dan mengedukasi pelayanan kesehatan masyarakat soal pengenalan gejala
  8. Alokasikan dana untuk mendukung intervensi pencegahan, tes, dan pengobatan
  9. Rencanakan penggunaan vaksin di tempat yang tinggi kasusnya demi mencegah penularan yang lebih luas
  10. Segera menyetujui izin penggunaan darurat vaksin cacar monyet untuk anak-anak
  11. Menyediakan dana dan sumber daya untuk organisasi dan pemimpin masyarakat agar pelayanan efektif, sehingga dapat menjangkau masyarakat yang aksesnya sulit ataupun kekurangan sumber daya.

Editor : Leonardus Selwyn Kangsaputra

Topik Terkait

Berita Terkait

Ditetapkan WHN sebagai Pandemi, Cacar Monyet Bisa Menular dari Droplet
Fit

27 Juni 2022

10 Persen Anak Terpapar Cacar Monyet Meninggal Dunia, Ini Penjelasan Ahli
Fit

27 Juni 2022