Cacar Monyet Terus Telah Korban, Spanyol Laporkan Kematian Kedua – Celebrities.id
By: Date: 1 Agustus 2022 Categories: berita kesehatan,Health,Health Info,kesehatan

JAKARTA, celebrities.id – Penyakit monkeypox atau cacar monyet di dunia  terus  berkembang hingga menimbulkan kematian. Spanyol adalah salah atau negara yang baru saja melaporkan kasus kedua kematian akibat cacar monyet di Eropa.

Melansir The Guardian, dalam laporan kementerian kesehatan Spanyol  menyebutkan sebanyak 4.298 kasus telah dikonfirmasi di negara itu. Dari 3.750 pasien mendapat informasi, 120 atau 3,2 persen telah dirawat di rumah sakit dan dua meninggal.

Spanyol melaporkan kematian pertamanya pada Jumat (29/7/2022) tak lama setelah Brasil melaporkan kematian terkait cacar monyet pertama di luar Afrika dalam gelombang penyakit saat ini.

Lebih lanjut, dikatakan kematian pertama terjadi di wilayah timur laut Valencia. Diketahui penyebabnya adalah ensefalitis, peradangan otak yang terkait dengan infeksi.

Sementara korban dari Brasil adalah seorang pria berusia 41 tahun. Menurut kementerian kesehatan setempat, pria itu juga menderita limfoma dan sistem kekebalan yang melemah.

“Komorbiditas memperburuk kondisinya,” kata kementerian itu, dilansir The Guardian Senin (1/8/2022)

Sebelumnya, Kantor Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Eropa pada Sabtu (30/7) mengatakan kasus monkeypox di Eropa, dinilai bisa meningkatkan kasus kematian.

“Dengan penyebaran cacar monyet yang terus berlanjut di Eropa, kami memperkirakan akan melihat lebih banyak kematian,” kata Catherine Smallwood, Pejabat Darurat Senior di WHO Eropa, dilansir CNA.

Editor : Lisvi Padlilah