Cara Menambal Ban Tubeless yang Sobek Menggunakan Metode String – HarapanRakyat.com
By: Date: 12 Februari 2022 Categories: Sains

Cara menambal ban tubeless yang sobek ternyata tidak sulit, bahkan Anda juga bisa melakukannya sendiri dengan menggunakan alat yang seadanya.

Tapi apabila Anda tidak bisa melakukannya, jalan satu-satunya adalah dengan membawanya ke tukang bengkel terdekat.

Menambal ban tubeless ini juga tidak akan merusak ban, sebab mekanik hanya akan memasukkan alat penambal ban dengan kit dan lem.

Namun dengan melakukan tambal ban sendiri bisa membantu Anda dalam keadaan darurat. Tapi bagaimana caranya? 

Cara Menambal Ban Tubeless yang Sobek dengan Mudah dan Simple

Seperti pembasahan awal, untuk menambal ban tubeless memang tidak sulit, bahkan Anda sendiri juga bisa melakukannya. Hanya saja Anda harus membutuhkan beberapa peralatan khusus sebelum melakukan itu semua.

Salah satu alatnya adalah tire repair kit yang bisa Anda beli di berbagai toko dengan harga yang cukup terjangkau. Nah dalam tire repair kit itu akan ada beberapa peralatan untuk bisa menambal ban tubeless.

Mulai dari pembuka lubang, karet penambal, pengait sampai dengan lem yang nantinya bisa Anda gunakan dengan mudah. Setelah semua alat sudah ada, kini saatnya Anda menambal ban tubeless sendiri dengan menggunakan metode string.

Baca Juga: Penyebab Ban Tubeless Bocor dan Sering Kempes

Ketahui Titik Bocor dan Bersihkan Ban

Cara menambal ban tubeless yang sobek dengan menggunakan metode string ini cocok untuk menghadapi kebocoran biasa pada crown area. Jadi untuk langkah pertama sebelum menambal maka Anda harus mengetahui letak titik kebocoran tersebut.

Jika sudah berhasil menemukannya, kini Anda bisa langsung membersihkan lubang menggunakan alat cleaning hook. Hal ini bertujuan supaya lubang tersebut benar-benar dalam kondisi bersih dari kotoran yang menempel.

Masukkan Karet

Langkah selanjutnya adalah dengan menggunakan karet penambal, cukup ambil satu saja yang bentuknya memanjang. Sesudah itu, tinggal masukkan saja karet itu sampai ke bagian tengahnya ke arah lubang pada alat pengait.

Baca Juga: Penyebab Ban Tubeless Benjol Akibat Kurangnya Tekanan Angin

Tusuk ke Titik Kebocoran

Cara menambal ban tubeless yang sobek saat memasukkan karet penambal bisa langsung tusuk ke bagian titik kebocorannya. Anda bisa menggunakan bantuan pengait yang telah dimasukkan oleh karet dan juga lem.

Selanjutnya tekan sampai setengah karet benar-benar masuk ke dalam ban, tapi jangan seluruh karetnya masuk ke dalam ban. Jika sudah langsung tarik pengait dan hanya tinggalkan karet penambal di ban tersebut.

Terakhir gunting pada bagian ujung karet yang menjuntai agar terlihat lebih rapi. Apabila sudah selesai, jangan senang dulu, sebaiknya lakukan pengecekan dengan mengisi angin hingga tekanan yang sesuai.

Cek kebocorannya menggunakan air sabun, jika tidak ada indikasi bocor, itu tandanya sudah aman dan ban tidak bocor atau sobek lagi.

Perlu Anda ketahui, bahwa cara menambal ban tubeless yang sobek menggunakan metode string ini hanya Anda lakukan disaat darurat saja. (R10/HR-Online)