Cegah Koinfeksi Penyakit Flu dan Covid-19 dengan Lakukan Vaksinasi – Warta Kota
By: Date: 21 November 2021 Categories: berita kesehatan,Health,Health Info,kesehatan

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA – Pencegahan adalah langkah yang lebih baik daripada mengobati dan vaksin merupakan pencegahan primer, terutama di masa pandemi seperti saat ini. 

Vaksinasi Covid-19 terus digalakan agar pandemi segera berakhir.

Sama-sama cepat menular,  penyakit flu merupakan penyakit infeksi saluran napas yang disebabkan virus influenza. 

 Prof. Dr. dr. Iris Rengganis, SpPD, K-AI, Ketua Pengurus Pusat Perhimpunan Alergi Imunologi Indonesia (Peralmuni) menjelaskan, di musim influenza mendatang, kita menghadapi kompleksitas dan tantangan kemungkinan koinfeksi penyakit flu dan infeksi virus Covid-19.

Baca juga: Termasuk dalam golongan Rentan Terkena Infeksi, Ibu Hamil dan Menyusui Jangan Ragu Vaksinasi Covid19

Baca juga: Pemkab Bogor Gencarkan Vaksinasi, Target Capai 70 Persen di Bulan Desember

Dalam siaran pers yang diterima Wartakotalive.com, Minggu (21/11/2021), Peralmuni mengingatkan masyarakat mengenai pentingnya vaksinasi influenza agar kita bisa saling melindungi sekaligus mengendalikan pandemi Covid-19 secara efisien dan mencegah influenza musiman

Penyakit ini dapat mengenai semua kelompok umur, dan dapat mengakibatkan komplikasi serius, terutama pada orang yang mengalami penurunan kekebalan tubuh dan kelompok berisiko tinggi, seperti anak di bawah lima tahun, lansia, ibu hamil, serta orang dengan kondisi medis kronis tertentu.  

Terlebih lagi, di masa pandemi Covid-19, terdapat kemungkinan koinfeksi penyakit flu bersamaan dengan infeksi virus Covid-19. 

Menurut data World Health Organization (WHO) pada 2018, tiga  hingga  lima juta orang di seluruh dunia terkena infeksi influenza berat setiap tahun. 

Baca juga: Apakah Vaksin Covid-19 Bakal Disuntikkan Tiap Tahun Seperti Influenza? Ini Kata Ketua Satgas PB IDI

Dari jumlah tersebut, diperkirakan 290.000 hingga 650.000 orang meninggal per tahunnya.  

Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Kementerian Kesehatan RI, Dr. Siti Nadia Tarmizi, M. Epid., mengatakan,  saat ini, kasus Covid-19 sudah menurun seiring meningkatnya cakupan vaksinasi Covid-19.