Cegah Pemadaman Listrik Berdampak ke Pasien, Ini 5 Sumber Listrik di Rumah Sakit
By: Date: 25 Desember 2023 Categories: listrik,Pasien,rumah sakit

Suara.com – Pemadaman listrik jadi kondisi lazim yang terjadi di Indonesia. Bagaimana cara rumah sakit mencegah pemadaman listrik mengganggu proses pemulihan  pasien?

Menariknya, ternyata hal ini tidak perlu dikhawatirkan karena CEO Primaya Hospital Group, Leona A Karnali menegaskan rumah sakit jadi fasilitas kesehatan yang tidak boleh mati listrik alias harus menyala 24 jam.

Ini sebabnya setiap rumah sakit kata Leona, harus punya sumber alternatif listrik yang bisa digunakan sebagai cadangan. Mengingat, beberapa alat vital yang menunjang kehidupan pasien seperti ventilator tidak boleh mati listrik.

Ilustrasi rumah sakit. (Shutterstock)
Ilustrasi rumah sakit. (Shutterstock)

“Contoh CT Scan dan MRI itu memang harus on terus. Ada juga pasien dengan ventilator, semua butuh listrik jadi tidak boleh mati,” tegas Leona dalam keterangan yang diterima suara.com, Sabtu (23/12/2023).

Berikut ini sederet lapisan dan alternatif sumber listrik rumah sakit saat mati lampu dari PLN, yang menarik untuk dipahami.

1. Listrik PLN Sumber Energi Utama

Leona mengakui 15 jaringan rumah sakit Primaya Hospital Group, masih menjadikan listrik PLN sebagai sumber energi utama untuk operasional rumah sakit. Namun sebagaimana standar fasilitas kesehatan, Leona menegaskan tetap ada alternatif lain jika listrik PLN padam.

2. Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS)

Sumber listrik ini bakal menjadi alternatif kedua jika sumber energi dari PLN redup alias mati lampu. Sehingga karena sumber listrik didapatkan dari panas atau cahaya matahari, maka saat siang hari sumber listrik PLN bisa dikurangi atau digantikan berkat PLTS.

Meski begitu PLTS ini baru akan tersedia 5 hingga 6 bulan mendatang, seiring baru saja ditandatanganinya kerjasama dengan Xurya untuk menempatkan 2800 meter persegi (m2) panel surya di atap Primaya Hospital Bekasi Timur, yang bisa menghasilkan 524 ribu kWh per tahun yaitu setara 25 persen kebutuhan listrik operasional rumah sakit tersebut.

Menariknya PLTS ini salah satu inovasi alternatif energi terbarukan sehingga sumber listrik tidak melulu dari batu bara. Bahkan PLTS bisa menekan emisi karbon 469 ribu kilogram per tahun atau setara penanaman 6.000 pohon.

“Jadi kita selalu siap, selain generator kita perlu PLTS, panel surya ini salah satu energi alternatif, jadi kita tidak bergantung pada PLN, jadi pada siang hari kita juga bisa menggunakan PLTS,” terang Leona.

3. Uninterruptible Power Supply (UPS)

Leona menerangkan, karena vitalnya alat rumah sakit seperti MRI, CT Scan hingga ventilator yang berhubungan nyawa dengan manusia. Maka saat terjadi pemadaman listrik alat tersebut akan lebih dulu memanfaatkan UPS atau yang lebih dikenal baterai cadangan.

“Setiap alat kita yang besar-besar itu kita ada UPS, itu untuk semacam baterai kecil di masing-masing alat, sehingga bisa bertahan selama satu jam. Misalnya generator belum masuk UPS udah langsung masuk duluan,” paparnya.

Ilustrasi Rumah Sakit - Daftar Rumah Sakit Rujukan Gangguan Ginjal Akut (Unsplash)
Ilustrasi Rumah Sakit  (Unsplash)

4. Generator Listrik

Saat mati lampu atau terjadinya pemadaman listrik PLN, generator memerlukan waktu untuk bekerja tapi bisa memberikan energi yang stabil. Sehingga saat mati listrik, alat medis otomatis menggunakan UPS, lalu setelah generator siap maka bisa jadi sumber listrik.

Generator listrik merupakan mesin yang digunakan untuk menghasilkan energi listrik dari sumber energi mekanis. Sumber energi generator saat ini juga cenderung beragam seperti air, matahari, gas alam, gelombang laut, angin dan sebagainya. Tapi saat ini kebanyakan generator menggunakan sumber energi solar.

5. Generator Pihak Luar

Meskipun Leona mengatakan punya 3 buah generator di Primaya Hospital Bekasi Timur yang dipastikan lebih dari cukup untuk operasional kegiatan medis. Tapi sudah wajib hukumnya pihak rumah sakit memberikan lapisan tambahan keamanan karena terkait nyawa pasien, salah satunya dengan tambahan kontrak generator pihak luar.

“Kontrak genset (generator) dari luar supaya aman dan tidak pernah mati di rumah sakit, itu standar di di seluruh rumah sakit, cuma PLTS baru pertama (di Bekasi Timur) ini ya,” pungkas Leona.

https://www.suara.com/health/2023/12/25/053040/cegah-pemadaman-listrik-berdampak-ke-pasien-ini-5-sumber-listrik-di-rumah-sakit