CEK FAKTA: Benarkah Berhala di India Dibuang ke Jalan karena Gagal Lindungi dari Covid-19? – Suara.com
By: Date: 3 Juli 2021 Categories: Cek.Fakta,fakta,Hoax

Suara.com – Beredar foto yang memperlihatkan ribuan patung berhala dibuang di jalanan. Aksi pembuangan berhala itu diklaim sebagai bentuk kekecewaan warga India karena berhala dianggap gagal melindungi mereka dari Covid-19.

Foto tersebut diunggah oleh akun Facebook bernama QiLuo Ling pada 13 Juni 2021.

Selain mengunggah foto berhala yang dibuang, ia juga menambahkan narasi sebagai berikut:

Orang India membuang ribuan berhala ke jalan karena ketidakmampuan mereka melindungi masyarakat dari virus Corona… Kala para Dewa yang mereka sembah menjawab permohonan untuk tidak menyembuhkan mereka dari Covid-19, lantas mau apa… !?

Baca Juga: CEK FAKTA: Benarkah Angkut Mayat Sudah Pakai Truk Bukan Ambulans di Jakarta?

Di gambar tersebut terdapat narasi dalam bahasa Arab yang jika diterjemahkan adalah: “Orang India membuang ribuan berhala ke jalan karena ketidak mampuan mereka melindungi mereka dari virus Corona“.

Lantas, benarkah klaim tersebut?

Fakta ribuan berhala dibuang warga India ke jalanan (Turnbackhoax.id)
Fakta ribuan berhala dibuang warga India ke jalanan (Turnbackhoax.id)

Penjelasan

Berdasarkan penelusuran Turnbackhoax.id — jaringan Suara.com, Sabtu (3/7/2021), klaim yang menyebut ribuan berhala dibuang oleh warga India karena gagal lindungi dari Covid-19 adalah klaim yang keliru.

Setelah ditelusuri, ternyata foto-foto yang diunggah akun tersebut tidak berkaitan dengan Covid-19.

Baca Juga: CEK FAKTA: Benarkah Berkendara Malam di Jakarta Kena Sanksi Karena Zona Merah?

Foto-foto tersebut merupakan bagian dari festival keagamaan di India dan sudah beredar sebelum kasus Covid-19 muncul di India pada akhir Januari 2020.

Fakta ribuan berhala dibuang warga India ke jalanan (Turnbackhoax.id)
Fakta ribuan berhala dibuang warga India ke jalanan (Turnbackhoax.id)

Foto yang memperlihatkan patung dewa-dewi mengapung di air dimuat di artikel berjudul “INDIA – RELIGION – HINDU – FESTIVAL” yang terbit di situs web AFP Forum pada 30 September 2017.

Selanjutnya, pada foto kedua yang memperlihatkan jalanan dipenuhi patung-patung diambil dari akun Twittwer Vijay Nehra pada 11 Agustus 2019 dengan narasi:

Something amazing is happening in #Ahmedabad today. Ordinary citizens have decided to keep #Sabarmati river clean. Instead of immersing Dashama idols in the river, they have respectfully left them on the banks!! Thousands and Thousands of them. Unbelievable change.”

Fakta ribuan berhala dibuang warga India ke jalanan (Turnbackhoax.id)
Fakta ribuan berhala dibuang warga India ke jalanan (Turnbackhoax.id)

Sementara itu, foto ketiga yang memperlihatkan patung dewi mengambang di air dimuat di artikel India Times berjudul “No More Immersion Of Idols In River Ganga And Its Tributaries, Says Government; Violators To Be Fined Rs 50,000” dan telah dipublikasi pada 3 Oktober 2019.

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan klaim yang menyebut warga India buang berhala di jalanan adalah klaim yang salah.

Klaim tersebut merupakan klaim hoaks yang masuk dalam kategori konten yang salah.

Catatan Redaksi:
Artikel ini merupakan bagian dari konten Cek Fakta Suara.com. Dibuat seakurat mungkin dengan sumber sejelas mungkin, namun tidak mesti menjadi rujukan kebenaran yang sesungguhnya (karena masih ada potensi salah informasi). Lebih lengkap mengenai konten Cek Fakta bisa dibaca di laman ini. Pembaca (publik) juga dipersilakan memberi komentar/kritik, baik melalui kolom komentar di setiap konten terkait, mengontak Redaksi Suara.com, atau menyampaikan isu/klaim yang butuh diverifikasi atau diperiksa faktanya melalui email [email protected].