Terpapar Covid-19 tanpa gejala, lakukan isolasi dan minum vitamin ini – Kontan
By: Date: 3 Juli 2021 Categories: berita kesehatan,Health,Health Info,kesehatan

KONTAN.CO.ID -JAKARTA. Anda terpapar virus corona atau Covid-19 tanpa gejala. Ada baiknya Anda melengkapi terapi dengan mengonsumsi multivitamin, sembari melakukan isolasi mandiri.

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) memiliki panduan lengkap bertajuk Buku Saku Protokol Tata Laksana Covid-19 edisi kedua. 

Buku saku ini berisi lengkap bagi pasien virus corona atau Covid-19 dari bergejala ringan, berat sampai yang tak gejala sehingga bisa menjalani isolasi mandiri.

Buku panduan ini disusun gabungan perhimpunan dokter Indonesia yakni Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI) Perhimpunan Dokter Spesialis Kardiovaskular Indonesia (PERKI) Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI) Perhimpunan Dokter Anestesiologi dan Terapi Intensif Indonesia (PERDATIN) Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI).

Jika Anda terpapar corona atau Covid-19, tanpa gejala, para dokter yang tergabung dalam asosiasi di atas meminta Anda melakukan isolasi dengan tetap ada pemantauan.

Baca Juga: Kenali gejala Covid-19, ini terapi dan obat yang harus Anda siapkan sesuai gejalanya

Para dokter ini merekomendasi untuk isolasi di rumah selama 10 hari sejak pengambilan spesimen diagnosis konfirmasi, baik isolasi mandiri di rumah maupun di fasilitas publik yang dipersiapkan pemerintah.  Anda juga bisa meminta bantuan telemedecine petugas Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP).

 Pasien Covid-19 tanpa gejala juga tetap harus menggunakan masker jika keluar kamar dan saat berinteraksi dengan anggota keluarga, wajib cuci tangan dengan air mengalir dan sabun atau hand sanitizer sesering mungkin, menjaga jarak dengan keluarga (physical distancing). Lalu,  upayakan kamar tidur sendiri / terpisah. 

Selain ada ada  sejumlah vitamin yang direkomendasi dokter untuk pasien Covid-19 tanpa gejala. Yakni: 

Vitamin C (untuk 14 hari), dengan pilihan ;

  • Tablet Vitamin C non acidic 500 mg/6-8 jam oral (untuk 14 hari)
  • Tablet isap vitamin C 500 mg/12 jam oral (selama 30 hari)
  • Multivitamin yang mengandung vitamin C 12 tablet /24 jam (selama 30 hari)
  • Dianjurkan multivitamin yang mengandung vitamin C,B, E, Zink

 Baca Juga: Hindari Konsumsi Vitamin C dengan Dosis Berlebih, Ini Dampaknya
Vitamin D

  • Suplemen: 400 IU1000 IU/hari (tersedia dalam bentuk tablet, kapsul, tablet effervescent, tablet
  • Kunyah, tablet hisap, kapsul lunak, serbuk, sirup)
  • Obat: 1000-5000 IU/hari (tersedia dalam bentuk tablet 1000 IU dan tablet kunyah 5000 IU

Menurut buku panduan itu, obat-obatan suportif baik tradisional (Fitofarmaka) maupun Obat Modern Asli Indonesia (OMAI) yang teregistrasi di BPOM dapat dipertimbangkan untuk diberikan namun dengan tetap memperhatikan perkembangan kondisi

Dalam tata laksana juga dijelaskan bahwa pasien akan tetap dipantau baik melalui telepon atau kunjungan langsung oleh dokter atau petugas fasilitas kesehatan tingkat pertama meski melakukan isolasi mandiri.

#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitanganpakaisabun

 

Editor: Titis Nurdiana