Cek Fakta: Beredar Kabar Penerima Vaksin Covid-19 Berisiko Terkena Autoimun, Simak Faktanya – Pikiran-Rakyat.com – Pikiran Rakyat
By: Date: 10 November 2021 Categories: Cek.Fakta,fakta,Hoax

PIKIRAN RAKYAT – Belum lama ini beredar unggahan di media sosial yang mengatakan bahwa, terdapat risiko bagi penerima vaksin Covid-19.

Dalam unggahan yang beredar di media sosial tersebut menyebut, penerima vaksin Covid-19 berisiko lebih tinggi terkena benjolan lemak di bawah kulit atau lipoma serta penyakit autoimun.

Sementara itu, menjawab pernyataan yang beredar di media sosial tersebut, ahli kesehatan mengungkapkan jawabannya.

Bahkan, pernyataan penerima vaksin Covid-19 berisiko lebih tinggi terkena lipoma serta penyakit autoimun tersebut dibantah oleh Kepala Pusat Ilmu Kesehatan Penyakit Menular Universitas Chulalongkorn Thailand, Dr. Thiravat Hemachudha.

Baca Juga: Cek Fakta: Beredar Video Sebut Kondisi Kesehatan Jokowi Melemah, Simak Faktanya

Dikutip dari unggahan Instagram @jabarsaberhoaks, ahli kesehatan asal Thailand tersebut  menyebut, sejauh ini tidak ada cukup bukti ihwal pernyataan yang beredar itu.

Sebelum disuntik vaksin Covid-19, kata Thiravat Hemachudha, pasien dengan penyakit autoimun mesti berkonsultasi dengan dokter.

Sementara itu, dokter spesialis pengobatan paru dan perawatan kritis, Dr. Tany Thanivayarn, turut menjawab pernyataan yang beredar di media sosial itu.

Baca Juga: Cek Fakta: Beredar Video TikTok Ada Uang Pecahan Rp1.0, Simak Faktanya