Mengenal Priapisme yang Buat 326 Pria Inggris Ereksi Berjam-jam – CNN Indonesia
By: Date: 10 November 2021 Categories: berita kesehatan,Health,Health Info,kesehatan

Jakarta, CNN Indonesia —

Sebanyak 326 pria Inggris harus mendapat perawatan setelah mengalami ereksi berjam-jam. Ereksi berkepanjangan seperti ini atau disebut priapisme bisa menimbulkan rasa sakit.

Dibanding satu dekade lalu, jumlah kasus priapisme di Inggris mengalami peningkatan sebanyak 16 persen.

Ereksi sendiri merupakan kondisi penis yang mengeras akibat jaringan lunak di dalamnya terisi darah. Ereksi bisa terjadi akibat rangsangan seksual atau hal-hal lain di luar aktivitas seksual. Melansir dari Medical News Today, umumnya ereksi bertahan dalam hitungan menit sampai maksimal 30 menit.


Orang yang mengalami priapisme, ereksi bisa berlangsung terus-menerus, selama berjam-jam bahkan tanpa stimulasi seksual. Apa penyebabnya?

Melansir Mayo Clinic, ereksi akan melibatkan aliran darah, pembuluh darah juga saraf maupun otot lunak. Priapisme terjadi saat sebagian sistem mengalami masalah.

1. Gangguan darah

Terdapat penyakit yang berhubungan dengan darah sehingga mengakibatkan priapisme. Gangguan ini meliputi, sickle cell disease (penyakit sel sabit) di mana sel darah merah cacat atau rusak, leukimia, juga penyakit darah lain seperti, thalasemia dan multiple myeloma.

2. Terapi pengobatan tertentu

Priapisme kemungkinan timbul sebagai efek samping pengobatan untuk kondisi kesehatan tertentu misalnya, obat-obatan yang disuntikkan langsung ke penis untuk mengatasi disfungsi ereksi, antidepresan (misal, fluoxetine, bupropin, tradozone), obat-obatan untuk gangguan kecemasan (hydroxyzine, risperidone, olanzapine), obat pengencer darah, terapi hormon, juga obat-obatan untuk terapi pasien attention-deficit atau hyperactivity disorder (ADHD).

3. Konsumsi alkohol dan obat-obatan

Alkohol, ganja, kokain dan obat-obatan terlarang lainnya bisa menimbulkan priapisme khususnya priapisme iskemik.

4. Cedera

Priapisme bisa akibat cedera atau trauma pada penis, pelvis atau area antara penis dan anus atau perineum.

Di samping itu ada penyebab priapisme lainnya seperti gigitan serangga beracun, gangguan metabolik, gangguan saraf juga kanker yang melibatkan penis.

Gejala Priapisme, Ereksi Berjam-jam

BACA HALAMAN BERIKUTNYA