Cek Fakta Beredar Video Dampak Buruk Minuman Berenergi Begini Faktanya – Medcom.Id
By: Date: 12 Oktober 2021 Categories: Cek.Fakta,fakta,Hoax

Beredar video yang memperlihatkan seorang pria sedang melakukan eksperimen dengan minuman berenergi (energy drink). Video itu beredar di media sosial.
 
Akun Twitter arifsetia (@arifsetia2013d) membagikan video itu pada 9 Oktober 2021. Pria dalam video yang beredar diklaim sedang menunjukkan bahaya dari minuman energi.
 

“ENERGY DRINK IS A KILLER”

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 
Terjemahan: “MINUMAN BERENERGI ADALAM PEMBUNUH”
 

Benarkah demikian? Berikut Cek Faktanya.
 

[Cek Fakta] Beredar Video Dampak Buruk Minuman Berenergi? Begini Faktanya
 

Penelusuran:
Dari hasil penelusuran, klaim pada video yang beredar memperlihatkan eksperiman seorang pria menunjukkan bahayanya minuman berenergi adalah salah. Faktanya, pria dalam video tersebut sedang menunjukkan trik sulap.
 
Video serupa diunggah seorang pesulap asal Amerika, Rick Lax. Rick mengunggah video trik sulapnya pada kanal YouTube resminya, Rick Lax pada 18 Januari 2020. Video tersebut berjudul “LIFE HACKS WITH ENERGY DRINKS YOU NEVER KNEW EXISTED (Parody Magic Hacks from Rick Lax)”. Rick melakukan trik-trik sulap dengan memanfaatkan minuman berenergi.

“Faktanya, video tersebut merupakan video trik sulap yang diunggah oleh seorang pesulap asal Amerika, Rick Lax.” tulis Turnbackhoax.id dalam laporannya.

 
[Cek Fakta] Beredar Video Dampak Buruk Minuman Berenergi? Begini Faktanya
 

Kesimpulan:
Klaim pada video yang beredar memperlihatkan eksperiman seorang pria menunjukkan bahayanya minuman berenergi adalah salah. Faktanya, pria dalam video tersebut sedang menunjukkan trik sulap.
 
Informasi ini jenis hoaks false context (konteks keliru). False context adalah sebuah konten yang disajikan dengan narasi dan konteks yang salah. Biasanya, false context memuat pernyataan, foto, atau video peristiwa yang pernah terjadi pada suatu tempat, namun secara konteks yang ditulis tidak sesuai dengan fakta yang ada.
 

[Cek Fakta] Beredar Video Dampak Buruk Minuman Berenergi? Begini Faktanya
 

Referensi:
https://www.youtube.com/watch?v=oX9jZ_w_AmQ
https://turnbackhoax.id/2021/10/11/salah-video-dampak-buruk-minuman-energi/
 

*Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel[email protected]atau WA/SMS ke nomor082113322016