Peringatan Hari Kesehatan Jiwa Sedunia Momentum Kepedulian Bagi Penyandang Orang Dengan Gangguan Jiwa | Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Timur – Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi jawa Timur
By: Date: 12 Oktober 2021 Categories: berita kesehatan,Health,Health Info,kesehatan

UMUM | 12 Oct 2021 06:27:00 PM

Peringatan Hari Kesehatan Jiwa Sedunia Momentum Kepedulian Bagi Penyandang Orang Dengan Gangguan Jiwa

Kegiatan dalam rangka peringatan hari kesehatan sedunia yang dilakukan oleh komunitas Sanggar Bening Yoga Banyuwangi, Komunitas Motorcycle Modyfied Club Outsiders Banyuwangi, dan Puskesmas Licin Banyuwangi.

Jatim Newsroom – Peringatan Hari Kesehatan Jiwa Sedunia menjadi momentum untuk menunjukkan kepedulian kepada para penyandang Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ). 

 

Hal itulah yang dilakukan komunitas Sanggar Bening Yoga Banyuwangi, Komunitas Motorcycle Modyfied Club Outsiders Banyuwangi, dan Puskesmas Licin yang melakukan bakti sosial (baksos) di Unit Pelaksana Teknis Rehabilitasi Sosial Bina Laras (UPT RSBL) Pasuruan asrama Banyuwangi.

 

Kegiatan diawali dengan senam yoga, setelah itu dilakukan penyerahan bingkisan berupa aneka snack, susu cair, dan nasi kotak. Selanjutnya, acara diisi dengan bernyanyi oleh klien dan anggota komunitas.

 

Kepala UPT RSBL Pasuruan Sukardi, Selasa (12/10/2021) mengucapkan terima kasih kepada masyarakat dan komunitas yang peduli terhadap keberadaan ODGJ di panti rehabilitasi dengan memberikan kegiatan-kegiatan yang sangat bermanfaat bagi klien.

 

“Kami membuka diri kepada komunitas masyarakat dan lembaga pendidikan untuk bersama-sama berperan serta dalam usaha rehabilitasi ODGJ agar mereka segera dapat kembali kepada keluarga dan lingkungan mereka,” ujarnya.

 

Sementara, Windy Pratiwi, pemilik Sanggar Senam Bening Yoga Banyuwangi mengatakan, pihaknya memberikan kegiatan senam yoga kepada klien ODGJ untuk melatih olah nafas yang bertujuan menenangkan dan mengendalikan pikiran, sehingga mendapatkan keseimbangan dalam berolah pikir dan berperilaku. 

 

“Harapan kami, apa yang telah diajarkan dapat dilakukan setiap hari sehingga dapat meredakan emosi serta meningkatkan kesehatan fisik dan jiwa klien,” tuturnya. 

 

Ketua Modified Motorcycle Club Outsiders Banyuwangi, Robbian Naizar menambahkan, komunitasnya tidak hanya berempati kepada ODGJ, namun juga berbagi dalam bentuk komunikasi dengan ODGJ, bergembira bersama dan makan bersama untuk mendukung Hari Kesehatan Jiwa Sedunia tahun 2021.

 

Yulianah SPsi, salah satu tenaga kesehatan Puskesmas Licin yang hadir dalam kegiatan itu menjelaskan, salah satu dukungan dalam rangka Hari Kesehatan Jiwa Sedunia di wilayah kecamatan licin di antaranya, dengan memberikan pelayanan kesehatan yang equal (setara) kepada ODGJ dengan penderita penyakit lainnya. 

 

“Kami juga mengajak masyarakat berbagi bersama dengan ODGJ agar menghindari atau menghilangkan tindakan bullying,” pungkasnya (hen/n)