CEK FAKTA: Cara Ini Bisa Turunkan Demam? | merdeka.com – Merdeka.com
By: Date: 11 November 2022 Categories: Cek.Fakta,fakta,Hoax
Jumat, 11 November 2022 13:32
Reporter : Merdeka

CEK FAKTA: Cara Ini Bisa Turunkan Demam? Ilustrasi demam tinggi. ©2013 Merdeka.com/Shutterstock/Ocskay Bence

Merdeka.com – Sebuah klaim menyebut menempelkan adonan tepung beras ke tubuh dapat menurunkan demam. Salah satu akun Facebook mengunggah narasi tersebut disertai video tutorial pada 31 Oktober 2022. Hingga kini video itu telah ditonton lebih dari 11 ribu kali.

Berikut narasi yang dibagikan.

taboola mid article

Sekarang ini lagi musim demam,saya share pengalaman ya sama teman teman,andalan mama dulu kami kecil,sampai sekarang saya bikin ke anak anak,setidaknya pertolongan pertama buat anak anak demam, supaya gak kejang kejang dan step. K*m*k* V*v*nn pernah panas 40 tapi masih aktif Habis bikin tepung jangan buka ac ya,ataupun kipas,waktu bikin juga jangan buka ac dan kipas.Please nonton video sampai habis🙏 Cukup tepung campur air putih aduk kira bisa di pegang. Bikin sampai tepung kering ya,kalau kering tandanya hawa panas badan di tarik tepung. Pointnya yg mesti di lamakan lihat di video. Habis bikin tepung kasi minyak kayu putih satu badan,lalu urut urut,kasi makan yg hangat hangat. Obat tetap di minum,kalau demam bukan karena virus atau bakteri ,makaakan cepat sembuh Selamat mencoba😊🙏🙏🙏🙏 Sharing is caring😊.”

2 dari 3 halaman

Penelusuran

Dilansir dari liputan6.com, setelah melakukan konfirmasi kepada dokter spesialis anak dari Rumah Sakit Medika BSD, dr. Yoga Yandika, Sp.A, klaim seperti yang beredar adalah hoaks. Menempelkan adonan tepung beras ke tubuh anak tidak dapat menurunkan demam.

“Itu tidak benar,” tegas dr. Yoga.

Sementara itu, Prof. Dr. Retnosari Andrajati, M.S., Apt. dari Fakultas Farmasi Universitas Indonesia mengatakan, salah satu cara penanganan pertama untuk meredakan demam pada anak adalah mengompres dengan air hangat.

“Ayah bunda, kalau putranya demam, panas barangkali kita bisa kompres dengan air hangat supaya ada pemindahan panas dari tubuhnya ke kompres tadi,” jelasnya.

Ia menambahkan, sebaiknya tidak mengompres anak menggunakan air yang memiliki perbedaan suhu kontras dengan suhu tubuh anak, terutama air dingin. Selain kompres di fisik, anak yang demam juga dapat diberikan air minum lebih sering guna proses kompres dari dalam tubuh.

“Airnya masuk kemudian dengan sendirinya juga airnya diharapkan bisa menetralkan panasnya juga,” ujarnya.

3 dari 3 halaman

Kesimpulan

Klaim menempelkan adonan tepung beras ke tubuh anak guna menurunkan demam adalah hoaks.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan. Pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Referensi
https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/5121978/cek-fakta-tidak-benar-tepung-beras-bisa-meredakan-demam-pada-anak?utm_source=dlvr.it&utm_medium=facebook&utm_campaign=pagelip6

Reporter Magang: Aslamatur Rizqiyah

[lia]