Cek Fakta Hubungan Asmara Felicia Kaesang Kandas Kerjasama Indonesia Singapura Batal Ini Faktanya – Medcom.Id
By: Date: 1 Juni 2021 Categories: Cek.Fakta,fakta,Hoax

Beredar sebuah video dengan narasi judul kerjasama Indonesia-Singapura batal karena hubungan asmara Kaesang Pangarep dan Felicia Tissue kandas. Narasi beredar di youtube.
 
Kanal youtube MENEMBUS BATAS membagikan video ini pada 1 Juni 2021. Video berjudul “GAWAT PEMERINTAH SINGAPURA MENDENGAR KABAR LANGSUNG MASALAH KAISANG DAN VELISIA !!!.
 
Felicia Tissue sendiri dan keluarganya tinggal di Singapura sejak lama. Dalam halaman sampul video tersebut terdapat kutipan sebagai berikut.

“Singapura Batalkan Kerja Sama Bilateral dengan Indonesia Gara-Gara Masalah Kaysang Terhadap Felicia”

[Cek Fakta] Hubungan Asmara Felicia-Kaesang Kandas, Kerjasama Indonesia-Singapura Batal? Ini Faktanya

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 
Penelusuran:
Dari hasil penelusuran tim cek fakta medcom, klaim kerjasama Indonesia-Singapura batal karena hubungan asmara Kaesang Pangarep dan Felicia Tissue kandas adalah salah. Faktanya, tidak ada pengaruh hubungan Kaesang-Felicia dengan kerja sama bilateral Indonesia-Singapura.
Foto yang dicatut dalam halam sampul antara Presiden Joko Widodo dengan Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong, adalah momen saat keduanya bertemu di sela Pertemuan Tahunan IMF – World Bank Group 2018 di Nusa Dua, Bali pada 2018 lalu.
 
[Cek Fakta] Hubungan Asmara Felicia-Kaesang Kandas, Kerjasama Indonesia-Singapura Batal? Ini Faktanya
 
Dilansir dari bisnis.com, Pemerintah Indonesia dan Singapura berkomitmen untuk melanjutkan penguatan kerjasama ekonomi bilateral antar kedua negara. Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga mengatakan bahwa tahun lalu, investasi Singapura mencapai US$9,8 Miliar, meningkat 34 persen dari 2019.
 
“Investasi Singapura pada tahun lalu mencapai rekor tertinggi dalam 6 tahun terakhir, dan ini menunjukkan hubungan yang sangat baik antara kedua negara,” katanya dalam pertemuan virtual yang dikutip melalui keterangan pers, Jumat, 12 Maret 2021.
 
Secara garis besar pertemuan bilateral tersebut membahas tiga jembatan yang diharapkan dapat mempererat hubungan bilateral antara Indonesia dan Singapura sekaligus memperkokoh eksistensi kedua negara di kawasan Asean dan Internasional. Ketiga jembatan itu adalah jembatan digital, jembatan infrastruktur, dan jembatan travel bubble.
 
[Cek Fakta] Hubungan Asmara Felicia-Kaesang Kandas, Kerjasama Indonesia-Singapura Batal? Ini Faktanya
 
Felicia Tissue akhirnya muncul di hadapan publik untuk membicarakan masalah hubungannya dengan Kaesang Pangarep. Ia membenarkan telah ditinggalkan putra dari Joko Widodo tersebut.
 
Hal itu diungkapkan Felicia dalam video di kanal YouTube miliknya pada Rabu 26 Mei.
 
Kesimpulan:
Klaim kerjasama Indonesia-Singapura batal karena hubungan asmara Kaesang Pangarep dan Felicia Tissue kandas adalah salah. Faktanya, tidak ada pengaruh hubungan Kaesang-Felicia dengan kerja sama bilateral Indonesia-Singapura.
 
Informasi ini jenis hoaks misleading content (konten menyesatkan). Misleading terjadi akibat sebuah konten dibentuk dengan nuansa pelintiran untuk menjelekkan seseorang maupun kelompok. Konten jenis ini dibuat secara sengaja dan diharap mampu menggiring opini sesuai dengan kehendak pembuat informasi.
 
Misleading content dibentuk dengan cara memanfaatkan informasi asli, seperti gambar, pernyataan resmi, atau statistik, akan tetapi diedit sedemikian rupa sehingga tidak memiliki hubungan dengan konteks aslinya.
 
[Cek Fakta] Hubungan Asmara Felicia-Kaesang Kandas, Kerjasama Indonesia-Singapura Batal? Ini Faktanya
 
Referensi:
1.https://ekonomi.bisnis.com/read/20210312/9/1366935/makin-mesra-indonesia-singapura-bangun-tiga-jembatan-bilateral
2.https://foto.bisnis.com/view/20181011/848109/presiden-jokowi-bertemu-pm-singapura-lee-hsien-loong
3.https://archive.fo/6TxTP
 

*Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel [email protected] atau WA/SMS ke nomor 082113322016
 

 
(WHS)