Cek Fakta: Tidak Benar Seorang Pria di Bogor Hidup Lagi Setelah Meninggal Dunia – Liputan6.com
By: Date: 18 November 2022 Categories: Cek.Fakta,fakta,Hoax

Liputan6.com, Jakarta – Kabar tentang seorang pria di Bogor, Jawa Barat hidup kembali setelah meninggal dunia beredar di media sosial. Kabar tersebut disebarkan salah satu akun Facebook pada 15 November 2022.

Akun Facebook tersebut mengunggah sebuah video berisi sejumlah orang tengah membuka peti mati. Terdapat sesosok pria terbaring dalam peti. Video tersebut kemudian dikaitkan dengan peristiwa seorang pria di Bogor yang hidup kembali setelah dinyatakan meninggal dunia.

🫣😱 Bikin Geger! Mayat Hidup Kembali di RSUD Kota Bogor, Padahal Sudah Dimasukan ke Dalam Peti 🤯🤯

Seorang pasien di Rumah Sakit Umum Daerah atau RSUD Kota Bogor yang sudah jadi mayat hidup kembali dan membuat geger orang yang ada di sekitarnya.

Padahal sebelum dibawa ke RSUD Kota Bogor, berinisial US (40) yang juga merupakan warga Rancabungur dinyatakan meninggal dunia setelah menjalani perawatan di salah satu Rumah Sakit yang ada di Jakarta.

Namun, karena penasaran, ajaib akhirnya membuka peti mati tersebut. Alangkah kagetnya, keluarga mendapati US masih bernafas,” tulis salah satu akun Facebook.

Konten yang disebarkan akun Facebook tersebut telah 281 kali ditonton dan mendapat 37 komentar dari warganet.

Benarkah kabar seorang pria di Bogor, Jawa Barat hidup kembali setelah meninggal dunia? Berikut penelusurannya.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri kabar seorang pria di Bogor, Jawa Barat hidup kembali setelah meninggal dunia. Penelusuran dilakukan dengan memasukkan kata kunci “pria di bogor hidup kembali” di kolom pencarian Google Search.

Hasilnya terdapat beberapa artikel yang membantah kabar tersebut. Satu di antaranya artikel berjudul “Kejanggalan Pria di Bogor Meninggal Lalu Hidup Lagi, Polisi: Dia Terlilit Utang” yang dimuat situs liputan6.com pada 16 November 2022.

Liputan6.com, Bogor – US (40) seorang rohaniawan di Bogor, Jawa Barat, yang hidup kembali usai dinyatakan meninggal dunia menjadi perhatian polisi setelah videonya viral di media sosial.

Menurut Kapolres Bogor AKBP Iman Imanuddin, US yang dikabarkan meninggal dunia lalu hidup kembali dalam peti mati dinilainya sangat janggal. Untuk itu, penyidik melakukan penyelidikan untuk mengungkap fakta sebenarnya.

“Penyidik sudah meminta keterangan sebanyak 6 saksi. Penyelidikan ini dilakukan agar tidak sampai menimbulkan kegaduhan,” kata Iman Rabu (17/11/2022).

Saksi yang dimintai keterangan di antaranya sopir ambulance yang membawa jenazah US dari Jakarta ke rumah duka di Perumahan Ambar II Rancabungur, Kabupaten Bogor. Kemudian, saudara Urip dan dokter klinik.

“Awalnya dikabarkan meninggal dunia. Hasil keterangan saksi pada saat dibuka petinya itu memang yang bersangkutan tidak meninggal dunia, masih keadaan hidup, jadi nadinya masih normal,” ucap Iman.

Selain itu, keluarga belum bisa menunjukkan surat kematian yang dikeluarkan oleh pihak rumah sakit pertama yang menangani pasien berusia 40 tahun itu.

“Ditanya sempat dirawat di rumah sakit mana pun tidak ada. Katanya mulai sakit dan meninggalnya di Semarang, setelah dicek, tidak ada penerbangan yang membawa jenazah dari Semarang,” kata dia.

Dari pengakuan istri US, dia yang memberikan kabar kematian suaminya kepada keluarganya. “Namun yang menjemput pakai ambulance dan membawa ke rumahnya itu istrinya. Itu keterangan dari istrinya,” ujarnya.

Menurutnya, berdasarkan keterangan sopir ambulance memang benar bahwa mobil ambulance itu disewa untuk membawa peti mati yang di dalamnya berisi US. Kala itu, istri US ikut di dalam mobil dan duduk di depan, samping sopir ambulance.

Akan tetapi ada keterangan dari sopir yang membuat fakta mulai terbuka. Dalam perjalanan dari Jakarta menuju kediaman US di Rancabungur, istri US bercerita kepada sang sopir jika sedang mengalami masalah piutang.

Selama ini, kata Iman, Urip dan istrinya pun selalu dikejar-kejar penagih utang.

“Fakta menariknya istri US itu berkeluh-kesah kepada sopir ambulance bahwa keluarganya sedang dihadapkan masalah utang yang cukup besar dan banyak yang menagihnya,” ungkapnya.

Iman menyatakan masih akan terus mendalami untuk mengungkap fakta dan kejadian sebenarnya.

“Kami pun akan meminta keterangan dari US setelah kembali ke rumah, termasuk keluarganya yang berhubungan langsung dengan beliau,” ujarnya.

Sejak Jumat 11 November 2022 hingga sekarang, US masih dirawat di RSUD Kota Bogor.

“Kita berikan kesempatan dulu untuk US sampai benar-benar pulih, baru kami akan lakukan pemanggilan untuk mengungkap informasi yang selama ini beredar ramai,” pungkasnya.

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Kabar tentang seorang pria di Bogor, Jawa Barat hidup kembali setelah meninggal dunia ternyata tidak benar. Faktanya, dari hasil penyelidikan polisi, pria yang disebut meninggal tersebut hanya sebuah rekayasa.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email [email protected].

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

       
      Â