Cuaca Ekstrem Tingkatkan Risiko Bayi Alami Ruam Popok Lho Moms, Begini Cara Mengatasinya
By: Date: 31 Mei 2023 Categories: popok

Suara.com – Fenomena cuaca ekstrem di Indonesia cenderung meningkat disebabkan oleh dampak perubahan iklim yang saat ini sudah mulai dirasakan oleh masyarakat, seperti meningkatnya frekuensi bencana banjir, meningkatnya bencana kekeringan, dan mundurnya masa musim hujan.

Negara yang berada di daerah tropis dan subtropis, selain mengalami peningkatan temperatur juga akan mengalami peningkatan curah hujan. Suhu rata-rata yang lebih hangat dan pola badai angin akan lebih mudah memicu penyakit kulit.

Dokter spesialis anak di RS Cinta Kasih Jakarta, dr. Fellycia Trie W., Sp. A, mengatakan, bukan hanya pada orang dewasa, masalah kulit justru lebih rentan terjadi pada bayi. Seperti yang kita ketahui, kulit bayi masih akan terus berkembang. 

“Dibandingkan dengan kulit dewasa, kulit bayi lebih tipis, kurang berbulu dan memiliki lebih sedikit keringat dan sekresi kelenjar sebaceous. Sehingga, kulit bayi lebih mudah terkena trauma mekanis, bakteri dan cuaca serta perubahan panas,” ungkap dia seperti yang Suara.com kutip dari siaran pera Makuku, Selasa (30/5/2023).

Baca Juga: Bantu Jaga Kesehatan Kulit Pinggang Bayi, MAKUKU SAP Diapers Pro Care Hadirkan Fitur Bubble Belt Pertama di Indonesia

Salah satu masalah kulit yang sering dialami oleh Si Kecil, kata dia adalah ruam popok. Ruam popok umumnya disebabkan oleh Irritant Contact Diaper Dermatitis, yaitu dari urin dan feses yang terperangkap di dalam popok.

Selain itu, dapat disebabkan oleh infeksi jamur, impetigo atau dermatitis alergi (disebabkan oleh sabun, deterjen atau popok itu sendiri). dr. Fellycia juga menambahkan, kika kulit sensitif bayi terkontaminasi terlalu lama dengan cairan dalam popok, maka akan meningkatkan pH kulit lokal, terutama pada area popok Si Kecil. 

Oleh sebab itu, Ibu harus senantiasa menjaga kebersihan kulitnya dan berupaya mengganti popok secara berkala, menjaga area popok supaya tetap kering serta memilih popok dengan fitur indicator urin untuk mempermudah Ibu saat perlu mengganti popok. 

“Selain itu, penting menggunakan popok daya serap tinggi untuk mengurangi risiko ruam popok,” ucapnya.

Inovasi Makuku sebagai pelopor era popok dengan inti struktur SAP di Indonesia sebagai “Popok Bayi Sekali Pakai Tertipis” dapat menjadi piliham.

Baca Juga: Marak Pembuangan Bayi di Kabupaten Bekasi, Ada Lonjakan Kasus Sepanjang 2023, Apa yang Terjadi?

Dibandingkan dengan daya serap popok lainnya yang berada diangka 72-76% dan 44-57%, popok ini justru unggul dengan kemampuan pembengkakan pada inti SAP di angka 77,07% dan 58,83%. 

Popok ini juga mampu mencegah risiko ruam popok karena inti penyerapnya tidak memiliki bahan pulp atau fluff sehingga anti gumpal dan tidak menyebabkan osmosis balik yang mengiritasi kulit.

https://www.suara.com/health/2023/05/31/122234/cuaca-ekstrem-tingkatkan-risiko-bayi-alami-ruam-popok-lho-moms-begini-cara-mengatasinya