[SALAH] “JUSUF KALLA DIPERIKSA TIM KHUSUS TERKAIT KORUPSI 2,2 T DIPERUSAHAANNYA”
By: Date: 31 Mei 2023 Categories: Cek.Fakta,fakta,Hoax

Hasil periksa fakta Yudho Ardi

Pernyataan tersebut tidak benar, setelah melakukan penelusuran thumbnail video tersebut merupakan hasil editan dan isi video tersebut adalah potongan video dari peristiwa yang tidak berkaitan.

=====

[KATEGORI]: KONTEN YANG DIMANIPULASI

=====

[SUMBER]: FACEBOOK
https://archive.cob.web.id/archive/1685348167.681994/singlefile.html

=====

[NARASI]: Jusuf K4lla Dip3riksa Tim Khvsus T3rkait K0rupsi 2,2 T Dip3rusah4annya, M4ntan W4pres Kok Begini!!!.

=====

[PENJELASAN]:
Sebuah akun media sosial Facebook dengan nama pengguna “Perspektif” mengunggah video dengan narasi Jusuf Kalla diperiksa tim khusus terkait korupsi 2,2 T di perusahaannya.

Setelah melakukan penelusuran, thumbnail video tersebut merupakan hasil editan dan isi video tersebut adalah potongan video dari peristiwa yang tidak berkaitan.

Salah satu video identik dengan video yang diunggah oleh kanal Youtube milik KOMPASTV dengan judul “Tersangka Kasus BTS 4G, Menkominfo Johnny G Plate Ditahan!”.

Video identik lainya adalah saat Presiden Joko Widodo melakukan pidato seperti yang diunggah akun Youtube milik KOMPASTV dengan judul “Presiden Jokowi Ingatkan Penegak Hukum Serius Tangani Korupsi Tanpa Pandang Bulu!”.

Dengan demikian, klaim tentang Jusuf Kalla diperiksa tim khusus terkait korupsi 2,2 T di perusahaannya adalah salah dan masuk kategori konten yang dimanipulasi.

=====

[REFERENSI]:
https://youtu.be/6viMXxeue-I
https://www.youtube.com/watch?v=IbN8d8jPkOw