DBD di Demak Meningkat, Masyarakat Diimbau Gencarkan 3M – Halo Semarang
By: Date: 29 September 2022 Categories: berita kesehatan,Health,Health Info,kesehatan

HALO DEMAK –Pemerintah Kabupaten Demak, menjelang musim hujan 2022 ini, meminta warga untuk mewaspadai penyebaran kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) tahun 2022.

Sejak Januari 2022 hingga kemarin, jumlah kasus DBD di wilayah itu mencapai 203 kasus, dengan 2 orang meninggal. Angka tersebut jauh lebih tinggi dibandingkan 2021 lalu, yang mencapai 67 kasus.

Hal itu disampaikan Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2) Dinas Kesehatan Kabupaten Demak, Heri Winarto, Rabu (28/09/22) di tempat kerjanya.

“Kasus DBD tahun ini sudah mencapai 203 kasus sejak Januari 2022 hingga sekarang. Bahkan 2 orang meninggal”, kata Heri, seperti dirilis demakkab.go.id.

Dirinya menyampaikan, DBD sudah merata penyebarannya di Kabupaten Demak, bahkan rata-rata menyerang anak usia 5 hingga 14 tahun.

“Penyebaran wilayahnya hampir merata di Kabupaten Demak. Paling banyak pada usia 5-14 tahun”, terangnya.

Dirinyapun mengimbau masyarakat untuk bersama-sama memberantas sarang nyamuk dengan menggencarkan 3M, karena kesadaran masyarakat pada DBD masih sangat rendah.

Imbauan serupa juga disampaikan Ketua DPRD Demak, Fahrudin Bisri Slamet.

Menurut dia,  masyarakat harus berperan aktif dalam upaya pencegahan DBD, agar penyakit yang ditularkan melalui nyamuk Aedes aegypti dan Aedes albopictus tidak kian menyebar.

“Untuk masyarakat harus melakukan pencegahan dengan menerapkan 3M seperti menjaga tempat-tempat seperti kubangan itu harus ditutup, menguras dan membersihkan bak mandi, serta mengubur barang-barang yang tidak digunakan agar tidak menjadi tempat tumbuh kembang nyamuk”, ungkapnya. (HS-08)