Deretan Hoaks Seputar Banjir, Simak Faktanya – Liputan6.com
By: Date: 30 Desember 2022 Categories: Cek.Fakta,fakta,Hoax

Liputan6.com, Jakarta – Hoaks terkait bencana alam seperti banjir sering beredar di masyarakat. Tentu hoaks ini sangat berbahaya karena bisa menimbulkan kepanikan.

Lalu apa saja hoaks terkait banjir? Berikut beberapa di antaranya:

1. Cek Fakta: Tidak Benar dalam Video Ini Ratusan Sapi Hanyut Saat Banjir di Blitar

Sebuah video yang diklaim ratusan sapi hanyut saat banjir menerjang Blitar, Jawa Timur beredar di media sosial. Video tersebut disebarkan salah satu akun Facebook pada 18 Oktober 2022.

Akun Facebook tersebut mengunggah video dari situs berbagi video YouTube berjudul “Banjir Blitar Ratusan Sapi hanyut Kesungai”.

Pada video tersebut, terlihat beberapa ekor sapi hanyut terbawa arus banjir. Video itu kemudian dikaitkan dengan banjir di Blitar yang menghanyutkan ratusan ekor sapi.

“JAWA TIMUR BERDUKA

RATUSAN SAPI HANYUT

TEPATNYA DI KAB BLITAR

BENCANA ALAM SAMPAEI

SEKARANG HUJAN BELUM REDA,” tulis salah satu akun Facebook.

Benarkah dalam video tersebut ratusan ekor sapi hanyut ke sungai saat banjir menerjang Blitar? Simak dalam artikel berikut ini…

2. Cek Fakta: Tidak Benar Motor Hanyut dalam Video Ini Akibat Banjir Bogor

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim video sepeda motor hanyut akibat banjir Bogor. Informasi tersebut diungguah salah satu akun Facebook, pada 15 Oktober 2022.

Klaim video sepeda motor hanyut akibat banjir Bogor menampilkan sejumlah kendaraan bergelimpangan diterpa air yang mengalir, terlihat juga dalam video tersebut sejumlah orang mengenakan helm berdiri.

Dalam video tersebut juga menampilkan rumah yang rubuh dan hanyut terseret arus air yang mengalir. Selain itu dalam video tersebut terdapat tulisan “BOGOR MENJERIT KERAS!!”

“BOGOR BARU SAJA B4NJIR RUMAH & KENDARAAN HANYUT”

Video tersebut diberi keterangan sebagai berikut:

“DETIK DETIK BANJIR BANDANG BOGOR “

Benarkah video sepeda motor hanyut akibat banjir Bogor? Simak dalam artikel berikut ini…

3. Cek Fakta: Tidak Benar Video Bima Arya Peringatkan Bendungan Katulampa Siaga 1 pada Desember 2022

Beredar di media sosial postingan video Walikota Bogor, Bima Arya memperingatkan Bendungan Katulampa Bogor siaga 1 pada 28 Desember 2022. Postingan itu beredar sejak tengah pekan ini.

Salah satu akun ada yang mempostingnya di Facebook. Akun itu mengunggahnya pada 28 Desember 2022.

Dalam postingannya terdapat video berdurasi 30 detik dengan narasi:

“Info 28 Des 2022, Bendungan Katulampa Bogor Siaga 1. Update hari ini siap siaga lur..waspada banjir”

Akun itu menambahkan narasi, “Hujan deras yang mengguyur kawasan Puncak, Bogor, mengakibatkan tinggi muka air (TMA) Sungai Ciliwung meningkat jadi 80 sentimeter. Petugas Bendung Katulampa, Bogor, mengeluarkan status siaga 1”

Lalu benarkah postingan video Walikota Bogor, Bima Arya memperingatkan Bendungan Katulampa Bogor siaga 1 pada 28 Desember 2022? Simak dalam artikel berikut ini…

2 dari 2 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email [email protected].

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.