Gerakan peduli lingkungan “The Rising Ride” digelar ketiga kalinya
By: Date: 3 September 2023 Categories: Uncategorized

Jakarta (ANTARA) – Kampanye lingkungan “The Rising Tide” yang digagas oleh Muryansyah dari Parahita Mulung kembali digelar untuk ketiga kalinya, hadir dengan tujuan untuk mengurangi jumlah sampah di Indonesia.

Gerakan “The Rising Tide – A Resonance 2023” fokus pada pesan “Stop Wariskan Sampah” dan melibatkan perjalanan quadrathlon sejauh 3.141 km dari Sabang ke Jakarta, yang ditempuh oleh enam anggota Tentara Nasional Indonesia (TNI) selama 35 hari, dimulai dari 2 September hingga 5 Oktober 2023.

Asops Panglima Mayor Jenderal TNI Muhammad Nur Rahmad, dalam rilis pers yang diterima, Minggu, menyatakan bahwa TNI berkomitmen untuk mendukung generasi muda dengan mewujudkan kelestarian tiga matra TNI dan masyarakat melalui gerakan ini.

Baca juga: DKI tertibkan reklame tak layak untuk jaga lingkungan tetap bersih

“Semoga kampanye dan aksi nyata ini akan memberikan manfaat bagi bangsa pada umumnya, serta anak cucu kita penerus bangsa pada khususnya,” ucap Rahmad.

Muryansyah, yang merupakan aktivis lingkungan, akan memimpin perjalanan ini dengan melakukan sky diving, bersepeda, berenang, dan berlari marathon.

Kampanye “Stop Wariskan Sampah” ini mendorong semua pihak untuk berkomitmen dalam menciptakan pengelolaan sampah yang berkelanjutan.

Pesan ini mengajak masyarakat untuk mulai melakukan langkah-langkah praktis seperti memilih kemasan dengan bijak, memilah sampah di rumah, dan lebih bertanggung jawab dalam mengelola sampah.

“Semoga kampanye ini menginspirasi masyarakat Indonesia dalam menggerakkan ekonomi sirkular di tanah air. Selain itu juga membangun semangat untuk menjaga lingkungan dengan semangat mengurangi sampah dengan melalui kegiatan pilah sampah dan daur ulang,” ucap Muryansyah.

Selain melibatkan TNI, kampanye ini juga mendapatkan dukungan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI (KLHK), Majelis Permusyawaratan Rakyat RI (MPR), dan pihak lainnya, termasuk produsen air mineral Le Minerale.

“Ini adalah dukungan kedua kami kepada Parahita Mulung. Kolaborasi ini didasarkan pada kesamaan misi, yaitu untuk membantu mengatasi permasalahan sampah yang ada di Indonesia. Kami yakin gerakan “Stop Wariskan Sampah” ini akan memberikan dampak yang positif,” ujar Sustainability Director Le Minerale Ronald Atmadja.

Baca juga: ASEAN Climate Forum dukung ASEAN jadi kawasan ekonomi ramah lingkungan

Baca juga: Polisi dan DKI tilang 14 kendaraan saat razia uji emisi di Jaktim

Pewarta: Fathur Rochman
Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2023

https://www.antaranews.com/berita/3709245/gerakan-peduli-lingkungan-the-rising-ride-digelar-ketiga-kalinya