Hanya Butuh 10 Menit, Pijat Tubuh Bantu Orang Rileks dan Melepas Stres
By: Date: 13 September 2020 Categories: Pijat,rileks,stres


Suara.com – Ada banyak cara untuk membuat tubuh dan pikiran lebih rileks. Salah satunya adalah dengan pijat. Namun tak perlu makan waktu lama, sebab pijat cepat selama 10 menit di rumah sudah dapat membantu orang yang stres dan perlu meluangkan waktu untuk bersantai.

Melansir dari Medical Daily, para peneliti di Jerman mengamati efek pijat pada relaksasi mental dan fisik. Hasil penelitian kecil mereka menunjukkan bahwa meskipun 10 menit istirahat sederhana membantu relaksasi, pijat 10 menit menawarkan lebih banyak.

Pijat mampu membantu penurunan tekanan mental, yang pada gilirannya dapat membantu meningkatkan kesehatan fisik.

Peneliti mengambil responden sebanyak 60 wanita tanpa masalah kesehatan. Mereka menjalani pijat saraf vagus, pijat bahu lembut, atau tanpa pijat sama sekali alias hanya istirahat.

Ilustrasi pijat, memijat. [Shutterstock]
Ilustrasi pijat, memijat. [Shutterstock]

Pijat saraf vagus menargetkan kepala dan leher, yang bertujuan untuk memperlambat detak jantung dan pernapasan, sedangkan pijat lembut bahu melibatkan memijat lembut dasar tengkorak dari tulang belakang ke belakang telinga.

Semua wanita diminta duduk diam selama 5 menit untuk pengukuran awal untuk melihat seberapa stres atau rileksnya mereka. Para wanita kemudian berpartisipasi dalam 10 menit pijat atau istirahat. Setelah itu, para peneliti menilai para wanita itu lagi dan meminta mereka mengisi kuesioner.

Menurut para peneliti, semua wanita mengatakan mereka merasa lebih rileks setelah sesi 10 menit, tetapi wanita yaang menerima pijatan lah yang paling banyak merasakan rileks.

Maria Meier, seorang mahasiswa doktoral di lab Neuropsikologi dan penulis pertama studi tersebut mengatakan dalam siaran pers bahwa Anda tidak memerlukan perawatan profesional untuk rileks.

“Memiliki seseorang dengan lembut memijat bahu atau bahkan hanya mengistirahatkan kepala Anda di atas meja selama sepuluh menit, adalah cara yang efektif untuk meningkatkan mesin relaksasi fisiologis tubuh Anda,” ujarnya.

Let’s block ads! (Why?)