Hari Diabetes Sedunia, BCL Batasi Asupan Gula Hindari Hal Ini
By: Date: 14 November 2019 Categories: hari diabetes sedunia


Suara.com – Hari Diabetes Sedunia, BCL Batasi Asupan Gula Hindari Hal Ini

Tepat hari ini Kamis, 14 November 2019 diperingati sebagai Hari Diabetes Sedunia, yang ditetapkan dengan tujuan meningkatkan kesadaran terhadap penyakit yang identik dengan tingginya gula dalam darah.

Penyakit satu memang bisa menyerang siapa saja yang tidak bisa menjaga pola makannya. Beruntung, Aktris sekaligus Penyanyi Bunga Citra Lestari (BCL) tidak punya faktor risiko turunan.

“Secara genetik, kayaknya nggak ada historikal keluarga aku (kena diabetes),” ujar BCL dalam acara Halodoc, di Senayan, Jakarta Selatan, Kamis (14/11/2019).

Terlepas ada tidaknya ancaman diabetes BCL mengaku telah sejak lama mengatur pola hidup sehat, salah satunya dengan mengurangi asupan gula.

“Kalau aku lebih dengan alat kesehatan, aku memang mengurangi gula, aku nggak bisa banget (banyak gula),” tutur BCL.

Ibu satu anak itu juga menyebut dikuranginya asupan gula bukan karena takut terhadap penyakit, melainkan sadar akan umurnya yang sudah tidak muda lagi. Belum lagi efek tubuhnya yang merasa nyaman setelah menjaga apa yang ia konsumsi.

“Mengurangi banget gula, tapi itu nggak ada hubungannya sama konsen-konsen tertentu, karena aku memang menyadari di umur aku yang 36 ini, kayaknya badan aku jauh lebih ringan, dan secara metabolisme badan lebig baik dengan mengurangi sekali (gula),” ungkapnya.

Sekedar informasi, Kementerian Kesehatan RI telah merekomendasikan untuk membatasi jumlah garam, gula, lemak (GGL) yang dapat memicu penyakit katastropik seperti, jantung, diabetes, ginjal, hingga stroke. Adapun takaran asupan per hari gula 4 sendok makan atau 50 gram, garam 1 sendok teh, lemak 5 sendok makan.

Let’s block ads! (Why?)