Ikan Shisamo, Sumber Protein Tinggi Favorit Rayyanza!
By: Date: 30 Juni 2023 Categories: Uncategorized

Protein tinggi di dalam ikan sudah tak terbantahkan lagi memiliki banyak manfaat. Kenalan yuk, dengan ikan shishamo yang lagi naik daun!

Apa Itu Ikan Shishamo?

Apa pun yang berhubungan dengan Rayyanza Malik Ahmad, atau familiar dipanggil Cipung, pasti menarik perhatian banyak orang. Termasuk pilihan ikan yang dimakan oleh Rayyanza dan terekam di potongan Instagram Story pengasuhnya. Tak lama setelah itu, ikan yang dimakannya itu, langsung naik daun dan dicari oleh banyak orang.

Nama ikan yang dimaksud adalah shishamo, atau Spirinchus lanceolatus, yang termasuk ikan air laut berasal dari Hokkaido, Jepang utara. Bentuknya tergolong kecil dengan panjang sekitar 15 cm.  Ikan kecil berwarna hijau keperakan ini, juga dikenal sebagai rainbow smelt, yang mirip dengan ikan sarden dan ikan teri. Orang Jepang biasanya mengeringkan ikan ini, lalu memanggang atau menggorengnya utuh. 

Yang membuat shishamo menarik adalah karena memiliki duri yang sangat halus, sehingga anak kecil sekalipun bisa memakannya secara utuh tanpa takut tersangkut duri. Selain itu, hampir pada seluruh bagian tubuhnya mengandung telur ikan, sehingga memiliki sensasi renyah ketika dimakan. 

Shishamo dikenal karena rasanya yang enak. Tak heran di negara aslinya, Jepang, shishamo umumnya merupakan hidangan yang bisa ditemukan di restoran tradisional Jepang atau izakaya (gastropub Jepang) sebagai lauk atau kudapan dengan alkohol.

Baca juga: Kenapa Bayi Suka Mengisap Bibir Bawahnya?

Kandungan Nutrisi Ikan Shishamo

Tak hanya enak, ikan favorit Cipung ini juga sarat dengan nutrisi sehat dan aman dikonsumsi oleh siapa pun termasuk bayi, karena rendah merkuri. Oke, lalu apa saja manfaat dari ikan shishamo ini hingga menjadi begitu viral? Beberapa di antaranya adalah:

 1. Kaya vitamin dan mineral

Sishamo mengandung vitamin dan mineral penting, seperti:

  • Kalsium: Membantu membangun dan melindungi tulang dan gigi yang sehat.
  • Fosfor: Membantu mengubah makanan menjadi energi dan membantu membawa nutrisi masuk dan keluar sel. 
  • Kalium: Membantu menjaga detak jantung tetap stabil. I
  • Vitamin D: Membantu memperkuat gigi dan tulang.
  • Vitamin B yang membantu mengubah makanan menjadi energi yang dibutuhkan untuk mendukung kesehatan kulit, rambut, darah, dan fungsi otak.
Baca juga: Lidah Bayi Berwarna Putih, Kemungkinan ini Penyebabnya Mums!

2. Mendukung pertumbuhan tubuh yang kuat

Sumber protein hewani terbaik adalah ikan dan unggas, menurut Harvard School of Public Health. Protein tak terbantahkan menjadi nutrisi yang penting, karena mengatur ribuan reaksi kimia dalam tubuh dan memainkan peran penting dalam membangun tubuh. Tak terkecuali anak-anak, tubuhnya membutuhkan protein untuk pertumbuhan, dan perbaikan jaringan. Protein juga penting untuk sistem kekebalan yang kuat dan pembelahan sel yang tepat, yang mana sangat penting untuk pertumbuhan. Di dalam ikan shishamo mengandung 15 gram protein per porsi 3 ons. 

3. Menjaga jantung tetap sehat

Menurut Panduan Kesehatan Keluarga Sekolah Kedokteran Harvard (Harvard Medical School Family Health Guide), lemak baik (lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda) sebagian besar berasal dari produk ikan dan sayuran. Salah satunya adalah shishamo, yang kaya akan asam lemak omega-3. Nutrien ini penting untuk dipenuhi karena berperan untuk pembekuan darah, serta membantu mencegah penyakit jantung.

4. Mendukung perkembangan otak

Selain protein, vitamin, dan mineral berkualitas tinggi, ikan merupakan sumber lemak sehat seperti asam docosahexaenoic (DHA). Nutrien ini penting untuk perkembangan otak, sistem saraf, dan penglihatan anak. Ada juga beberapa penelitian yang menunjukkan bahwa mengonsumsi ikan sejak dini dapat membantu mencegah alergi, seperti asma dan eksem!

Bagaimana, apakah Mums tertarik membelikan si Kecil ikan shishamo? Ikan mungil ini umumnya bisa ditemukan di supermarket dengan harga sekitar Rp50.000 setiap pack dengan berat sekitar 170 gram. (IS)

Baca juga: Cara Benar Buang Popok Bayi, Masih Banyak yang Salah!

Referensi:

Livestrong. Health Benefits of Smelt

Organic Facts. Smelt Fish

https://www.guesehat.com/ikan-shisamo-sumber-protein-tinggi-favorit-rayyanza