Ini Wanita Pertama di Dunia yang Sembuh dari HIV – VIVA – VIVA.co.id
By: Date: 17 Februari 2022 Categories: berita kesehatan,Health,Health Info,kesehatan

Kamis, 17 Februari 2022 – 14:49 WIB

VIVA – Seorang pasien di Amerika Serikat menjadi orang ketiga di dunia dan wanita pertama yang sembuh dari HIV. Pasien tersebut diketahui sedang dirawat di rumah sakit karena leukemia, ketika dia menerima transplantasi sel induk dari seseorang yang memiliki ketahanan alami terhadap virus penyebab AIDS itu.

Wanita itu kini telah bebas dari virus HIV selama 14 bulan. Demikian dilansir dari laman BBC, Kamis, 17 Februari 2022.

Tetapi para ahli mengatakan metode transplantasi yang digunakan, yang melibatkan umbilical cord blood atau darah tali pusat, terlalu berisiko untuk cocok bagi kebanyakan orang dengan HIV.

Kasus pasien tersebut dipresentasikan pada konferensi medis di Denver pada hari 15 Februari 2022 lalu, dan merupakan pertama kalinya metode ini diketahui telah digunakan sebagai obat fungsional untuk HIV.

HIV

Pasien menerima transplantasi darah tali pusat sebagai bagian dari pengobatan kankernya, dan sejak itu tidak perlu menggunakan terapi antiretroviral yang diperlukan untuk mengobati HIV.

Kasus ini merupakan bagian dari penelitian AS yang lebih besar terhadap orang yang hidup dengan HIV, yang telah menerima jenis transplantasi darah yang sama untuk mengobati kanker dan penyakit serius.